Connect with us

15 Cara Merawat Wajah dengan Baik dan Benar Supaya Glowing

Cara Merawat Wajah, Merawat Wajah Secara Alami, Memutihkan Wajah

Kecantikan

15 Cara Merawat Wajah dengan Baik dan Benar Supaya Glowing

Lihat.co.id – Tidak semua orang pandai merawat wajah dengan baik dan benar. Ini dikarenakan banyak orang lebih senang melakukan trial dan error terus-menerus. Maksudnya, hobi melakukan percobaan berbagai produk skincare tanpa pernah mempelajari seluk-beluk dan efek samping produk itu.

Selain itu, perawatan dasar wajah, seperti mencuci muka dan membersihkan sisa make-up juga belum banyak orang yang tahu. Padahal ini sangat penting dilakukan. Percuma memakai berbagai produk kosmetik dan skincare, bilamana ternyata kondisi wajah itu sendiri selalu buruk higienitasnya.

Cara Merawat Wajah, Merawat Wajah Secara Alami, Memutihkan Wajah

Untuk merawat wajah dengan baik dan benar, supaya kinclong, kamu setidaknya melakukan 15 cara di bawah ini:

1. Jangan Suka dan Sering Memegangi Wajah dengan Tangan

Ini adalah cara untuk merawat wajah yang paling mendasar dan gampang sekali. Janganlah kamu suka dan sering memegangi wajahmu pakai tangan. Perempuan kan hobi banget melakukan ini, sedikit-sedikit ngaca sambil pencet dan elus wajah.

Ini padahal bahaya loh! Pasalnya, wajah bisa jadi terinfeksi bakteri. Tanganmu kan kotor, habis memagang benda-benda lain, masa megangin wajah? Makanya, kalau mau pegang wajah, sebaiknya cuci tangan dulu. Bila kamu tidak cuci tangan, dampak memegangi wajah yaitu: bisa berminyak dan muncul jerawat.

2. Jangan Mencuci Muka Setelah Berpanas-Panasan di Luar

Terkadang kalau baru sampai rumah, habis dari sekolah atau kantor, bawaannya ingin ke kamar mandi buat basuh muka. Padahal mencuci muka setelah berpanasan di luar itu bahaya, bisa memicu tumbuhnya flek hitam. Kamu sebaiknya memberikan jeda sekitar 30 menit-1 jam, sebelum mencuci muka. Supaya suhu wajah turun dulu.

Bila kamu rutin mencuci muka dengan cara demikian, pastilah akan ada perubahan pada wajah. Sebab, ternyata penyebab dari kerusakan wajah seperti jerawat, komedo, berminyak, dan penuaan dini terjadi karena malas membersihkan muka. Padahal habis berkendara atau dijemur di bawah terik matahari. Nah, kalau kamu sedang dalam upaya merawat wajah yang baik dan benar, sebaiknya kamu jangan cuci muka ya, kalau baru sampai rumah!

3. Merias Wajah Seperlunya Saja

Banyak perempuan yang merasa percaya diri bila terus merias wajah. Tiap detik dalam hidupnya tak pernah lepas dari make-up. Wajah selalu tertutupi bedak tebal. Jika kondisinya begini, bagaimana mau mengharapkan wajah yang lebih baik?

Perlu kamu ketahui, kulit wajah juga membutuhkan istirahat. Kamu tidak bisa selamanya bergantung pada bedak dan alat-alat kosmetik, dalam serangkaian proses merawat wajah. Ada kalanya, wajah mesti diistirahatkan! Jadi mulai sekarang, kamu merias wajah seperlunya saja. Misalnya saat akan ke kantor, kondangan, atau hangout dengan teman.

4. Hindari Penggunaan Krim Wajah Instan

Banyak sekali kini beredar krim wajah yang menawarkan perbaikan wajah hanya dalam tempo 2 minggu. Kamu pasti sering mendengar nama-nama krim aneh, seperti krim wallet, mutiara, temulawak, dan lain sebagainya. Harganya pun beragam dari Rp50.000 sampai jutaan.

Padahal sudah banyak orang yang bilang bahwa krim-krim instan itu bahaya untuk merawat wajah. Jangan merawat, justru biosanya merusak! Namun masih saja perempuan ngeyel, membelinya. Makanya rantai produksi krim abal-abal ini susah diputus oleh BPOM Indonesia, karena permintaannya di pasaran sangat tinggi.

5. Biasakan untuk Membeli Produk Skincare di Klinik Kecantikan

Banyak kini berdiri klinik kecantikan di sudut-sudut kota. Pangsa pasarnya tentu saja adalah orang yang maniak merawat wajah. Mereka yang ingin wajahnya ingin kinclong glowing, bak artis korea. Klinik kecantikan ini pun beragam kelasnya. Ada yang menyasar kelas menengah ke bawah, seperti Natasha misalnya. Atau kelas menengah ke atas seperti Erha.

Membeli produk skincare di klinik kecantikan macam itu tentu saja lebih baik, daripada membelinya bebas di online shop. Sebab, semua produk yang dijual di klinik sudah didaftarkan di BPOM. Penggunaannya pun di bawah pengawasan dokter.

Namun ada kelemahannya, banyak orang mengeluh ternyata klinik kecantikan, tidak mesti ditangani oleh dokter spesialis kulit. Tapi dokter umum, bahkan terapis yang hanya lulusan SMA atau D-3 bisa dipasrahi menangani wajah. Ini tentu cukup meresahkan soal kompetensinya, apakah mereka memang sanggup?

6. Perawatan Kulit Wajah di Dokter Bisa Membuat Kecanduan

Ini juga sering dikeluhkan banyak perempuan yang sedang berjuang merawat wajah. Mereka bilang sudah bayar mahal di dokter, kok masih saja kulit wajahnya rusak. Malah semakin rusak. Kecanduan dan ketergantungan krim dokter memang jadi permasalahan banyak orang. Menemukan dokter dan krim yang cocok itu memang susah, ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Jika begini, maka semuanya tergantung padamu. Sebenarnya merawat wajah yang baik dan benar itu kan tergantung dari seberapa besar kesungguhan dan konsistensimu. Ketika kamu memutuskan pakai krim dokter, ya jangan sampai putus di tengah jalan. Beranilai tanggung resiko ketergantunganna.

Lihat Juga: 50 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

7. Jika Sudah Breakout Wajah, Jangan Putus Asa dan Gila

Banyak orang mengalami kegagalan dalam menggunakan produk untuk merawat wajah. Memakai aneka krim, bukannya wajah jadi membaik, eh malah tambah jelek. Sampai penuh dengan jerawat dan jadi hitam. Ini salah siapa? Ya tidak ada yang perlu disalahkan. Ini kan hanya soal kecocokan krim.

Jika wajahmu memang sudah breakout, alangkah baiknya kamu jangan putus asa dan gila. Banyak perempuan mengalami kegilaan dalam merawat wajah nya. Gagal di satu dokter, pindah ke dokter lain. Gagal di satu krim, pindah ke krim lain. Ini justru makin memperparah breakout wajah. Langkah yang seharusnya dilakukan di saat begini justru adalah berhenti memakai produk apapun. Biarkan wajah istirahat dulu, sambil kita berpikir dan mencari referensi, mana dokter dan produk terbaik. Intinya, jangan buru-buru mengambil langkah!

8. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Ada beberapa vitamin yang berpengaruh sekali untuk wajah, seperti Vitamin A, B, C, D, dan E. Vitamin A baik sekali sebagai antioksidan dan menjaga kecerahan wajah. Vitamin B terkenal untuk menjaga kelenturan kulit dan kelembabannya. Kemudian Vitamin C untuk membuat kulit tampak putih dan muda. Vitamin D bagus untuk menangkal radikal bebas dan meremajakan kulit. Serta Vitamin E untuk menjaga kulit tetap halus dan baik regenerasi selnya.

Untuk mencukupi kebutuhkan akan vitamin itu, otomatis kamu mesti banyak konsumsi makanan dan minuman bernutrisi. Cara merawat wajah yang baik dan benar, tidak hanya dari luar saja. Memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah cara yang dapat kita lakukan dari dalam. Sehingga kita tidak selalu bergantung pada penggunaan skincare berbahan kimia.

9. Tidur yang Cukup

Orang yang tidurnya cukup akan memiliki kualitas wajah yang baik. Langkah mudah merawat wajah yang baik dan benar yaitu dengan memperbaiki pola tidur. Alangkah baiknya kamu tidur paling lambat jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi.

Bagi yang muslim, melaksanakan sholat tahajud dan subuh juga bisa sebagai upaya untuk merawat wajah loh. Pasalnya, aktivitas ibadah sesungguhnya membuka aura kita, agar lebih bersinar. Wajah pun nampak lebih berkilau dan putih bersih.

10. Hindari Stress Selama Merawat Wajah

Janganlah kamu stress, sebab, stress justru akan membuatmu jadi semakin kacau wajahnya. Bandingkan sendiri wajahmu di kala stress melanda, dengan di kala sedang bahagia. Pasti jauh sekali perbedaannya. Makanya, kalau kamu memang dalam upaya merawat wajah yang baik dan benar, kamu mestinya jaga pola pikir. Tidak usah banyak mikir!

Kalau ada masalah apa-apa jangan dipendam sendiri! Sebaiknya ceritakan kepada teman, supaya beban pikiranmu tidak menyebabkan depresi berkelanjutan. Orang yang ceria jauh memiliki penampilan wajah yang baik! Ingat ini baik-baik, ya!

11. Rutin Menggunakan Masker

Masker dapat dibeli di toko, maupun bikin sendiri. Sebaiknya membuat masker sendiri saja karena sudah terbukti lebih aman dalam proses merawat wajah secara mandiri. Dan hasilnya pun tak kalah dari racikan klinik-klinik kecantikan. Untuk perawatan wajah pemula, dalam arti buat kamu yang baru terjun dalam dunia merawat wajah, pilihlah masker untuk wajah-wajah natural tanpa problem saja, misalnya masker susu.

Namun ada yang perlu kamu perhatikan! Intensitas penggunaan masker sebaiknya adalah 2 hari sekali saja. Jangan terlalu sering. Karena bila sering maskeran, efeknya justru membuat kulit jadi lebih lebar pori-porinya dan perkembangan sel terganggu.

12. Rutin Mengganti Handuk

Sebenarnya pakar kesehatan dan kecantikan kulit sangat melarang seseorang mengelap wajah dengan handuk yang sama dengan handuk mandi. Sebaiknya kalau habis mandi atau cuci muka cukup dilap dengan telapak tangan saja. Biarkan angin yang akan mengeringkan.

Namun, tentu saja kalau kita belum mengelap dengan handuk, kain atau tissue rasanya wajah jadi tidak enak. Maka untuk menghindari kontaminasi bakteri, sebaiknya kamu rutin mengganti handuk seminggu dua kali.

13. Menggunakan Sunblock dan Sunscreen

Ternyata kunci kesuksesan merawat wajah yang baik dan benar ada pada penggunaan tabir surya. Ada 2 macam tabir surya yang dapat kamu pakai, yaitu sunblock dan sunscreen. Kedunya punya fungsi yang beda-beda.

Sunblock berfungsi untuk melindungi kulit tangan, kaki, leher dari paparan radiasi matahari. Jadi penggunaannya dioleskan ke seluruh bagian tubuh yang tidak tertutup baju itu, kecuali muka. Karena khusus untuk muka, yang digunakan adalah Sunscreen.

14. Olahraga yang Rutin

Olahraga untuk merawat wajah yang baik dan benar ternyata bisa kamu coba juga loh! Mulai dari senam wajah, aerobik, zumba, berenang, yoga, dan bahkan jogging sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit wajah.

Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah soal rutinitasnya. Olahraga itu tidak harus lama, yang penting rutin. Tiap hari selama 15 menit, ini sudah cukup. Cobalah rasakan saja perbedaannya, wajahmu sebelum dan sesudah rutin olahraga. Pastilah beda!

15. Berjemur di Bawah Matahari Pagi

Kulit sehat itu tidak mesti putih. Dan kulit putih itu tidak mesti cantik. Kalau kamu sedang dalam upaya merawat wajah yang baik dan benar, kadang ada perasaan malas berjemur. Sama matahari rasanya takut. Sinar matahari benar-benar musuh abadi.

Memang benar, sinar matahari tidak baik. Namun kalau kamu berjemurnya di pagi hari, ini tentu saja sangat baik. Justru orang yang sering berjemur di bawah sinar matahari pagi antara jam 7 hingga 8 pagi, ini akan memiliki kulit yang sehat, cantik dan eksotis. Kulit jadi lebih lembab dan tampak muda.

Nah itulah kiranya 15 cara yang dapat kita lakukan untuk merawat wajah yang baik dan benar. Semoga dengan cara-cara di atas, kualitas wajah akan meningkat. Mulai sekarang, biasakanlah belajar dulu sebelum melalukan! Supaya tidak salah jalan.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Unknown Feed


To Top