in

75 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Hilangkan Flek dengan Bahan Alami, Krim Penghilang Flek Hitam

Lihat.co.id – Masalah flek hitam di wajah seringkali membuat perempuan tidak percaya diri. Bagaimana mau percaya diri, bila wajah dipenuhi dengan bintik hitam yang permanen? Susah pula buat ditutupin, meski sudah make-up tebal. Flek hitam menjadi musuh besar wanita selain jerawat. Cara menghilangkan flek hitam di wajah pun susah-susah gampang. Butuh ketekunan.

Banyak perempuan berkisah dirinya sudah habis uang banyak hanya untuk perawatan wajah menghilangkan flek hitam.  Namun hasilnya tidak pernah memuaskan. Bahkan cara menghilangkan flek hitam yang ditawarkan berbagai produk dan dokter malah hanya menimbulkan efek ketergantungan.

Memang ketergantungan adalah suatu dampak buruk yang akan selalu dialami bilamana menggunakan rangkaian skincare. Baik skincare yang berupa krim-krim racikan maupun teknologi laser. Semuanya sama-sama memberikan candu. Sehingga kita mesti siap menerimanya sejak awal.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Hilangkan Flek dengan Bahan Alami, Krim Penghilang Flek Hitam

Penyebab Flek Hitam

Ternyata ada faktor penyebab kemunculan flek hitam yang sering tidak disadari oleh kita, yaitu:

  • Malas membersihkan wajah
  • Sering makan makanan berminyak dan pedas
  • Faktor genetik/keturunan

Dampak Adanya Flek Hitam di Wajah

Jika seseorang memiliki flek hitam pada wajahnya, biasanya dia akan mengalami hal-hal di bawah ini:

  • Berkurangnya kepercayaan diri
  • Selalu ingin make-up berlebihan demi menutup flek hitam
  • Sering terobsesi mencoba berbagai produk skincare untuk menghilangkan flek hitam

Nah, tentunya berbagai penyebab dan dampak di atas harus diatasi segera. Berikut telah kami susun 100 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat:

1. Menggunakan Krim Pemutih Wajah

Jika ingin menghilangkan flek hitam pada wajah, krim pemutih nampaknya cocok sekali digunakan. Krim ini sayangnya mengandung bahan aktif, seperti HQ dan Steroid dalam jumlah tertentu, sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Dan tidak boleh dalam jangka waktu lama.

2. Mengoleskan Krim Pencerah Wajah

Krim pemutih dengan krim pencerah ternyata beda. Kalau tugas krim pemutih lebih kepada mengangkat lapisan sel kulit mati. Sedangkan krim pencerah adalah mempertahankan warna kulit agar selalu bagus. Menghilangkan flek hitam bukan perkara mudah. Setelah mengoleskan krim pemutih biasanya flek bisa hilang. Namun kemudian muncul lagi. Nah, untuk mencegah kemunculannya lagi, tak ada salahnya buat oleskan krim pencerah.

3. Rajin Pakai Pelembab

Pelembab wajah memegang peranan penting untuk menghilangkan flek hitam. Fungsi pelembab wajah yaitu menjaga kadar air di kulit agar tidak habis. Air sangat bagus dalam mencegah minyak dan kotoran masuk lebih dalam ke dalam lapisan kulit. Perlu diketahui bahwa minyak (keringat) dan kotoran adalah dua penyebab paling sering dari flek hitam.

4. Selalu Memakai Tabir Surya

Penggunaan tabir surya juga penting untuk melindungi wajah dari serangan flek hitam. Tabir surya adalah lotion atau krim khusus wajah yang mengandung SPF penangkal sinar UV. Produk ini sering pula disebut sebagai Sunscreen. Banyak orang yang sedang dalam upaya menghilangkan flek hitam, menyarankan pakai Suncreen dengan SPF minimal 30.

5. Tidak Sering Memegang Wajah

Perempuan memang hobi bercermin sambil memegangi wajahnya. Padahal memegang wajah, meski dengan tangan sendiri itu ada aturannya. Yaitu tangan haruslah bersih dan jangan sering-sering. Debu di tangan kan banyak, ini nanti bisa menempel dan masuk ke lapisan kulit.

Dan kalau sering menekan-nekan wajah, itu juga malah memicu lebih banyaknya produksi keringat di wajah. Maka, jika memang sedang berusaha menghilangkan flek hitam, mestilah atur intensitas memegangi wajah sendiri.

6. Tidak Mencuci Muka Setelah Panas-Panasan

Kasus flek hitam pada wajah biasanya muncul sejak manusia memasuki umur 12 tahunan. Ini anak usia SMP, pubertas awal. Kulit di usia ini sedang sensitive-sensitifnya. Kegiatan juga sedang padat, apalagi anak SMP.

Terkadang, pulang sekolah langsung ingin cuci muka. Padahal ini salah loh! Harusnya kalau habis dari luar rumah, kena paparan sinar mentari, tunggulah waktu 1 jam-an, sebelum cuci muka. Ini ampuh untuk menghilangkan flek hitam dan mencegah kemunculannya.

7. Melakukan Facial

Facial tidak dianjurkan dilakukan sering-sering. Paling cepat 2 minggu sekali saja. Facial juga ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Namun kita mesti hati-hati dalam memilih klinik atau salonnya. Pastikan peralatannya higienis dan terapisnya memang ahli.

8. Perawatan Chemical Peeling

Chemical Peeling hampir sama prosesnya dengan Facial. Hanya saja ada tahapan memasukkan krim-krim aktif atau obat-obatan tertentu melalui olesan, injeksi, maupun laser. Harga Chemical Peeling lebih mahal dari Facial. Tapi terbukti ampuh menghilangkan flek hitam.

9. Menjalani Treatment Microdermabasi

Microdermabasi juga sedang booming akhir-akhir ini sebagai metode untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Ini adalah prosedur mengikis lapisan kulit mati dengan bantuan sinar laser. Harga perawatannya mahal, bisa jutaan. Namun hasilnya sebanding. Biasanya butuh hingga 6 kali Microdermabasi untuk benar-benar melenyapkan flek hitam.

10. Mencoba Perawatan Intense Pulse Light (IPL)

Intens Pulse Light (IPL) banyak ditawarkan gerai klinik kecantikan. IPL adalah metode pelaseran pula. Harapannya adalah bisa menghilangkan flek hitam dan lapisan kulit mati. Serta memicu tumbuhnya sel kulit yang lebih bagus dan kencang.

11. Menggunakan Laser CO2 Bisa Menghilangkan Flek Hitam

Laser CO2 begitu digemari perempuan. Ada keunikan dari laser ini adalah nantinya menggunakan CO2 atau karbondioksida sebagai pengikis untuk menghilangkan flek hitam. Sensasinya akan seperti dihujani embun yang menyegarkan.

12. Mencoba Perawatan Laser Pigmen

Laser Pigmen lebih terarah pada titik di mana flek hitam muncul. Spot noda flek akan disinari hingga pudar perlahan. Laser Pigmen juga sering direkomendasikan untuk menghilangkan bekas jerawat dan tahi lalat yang tidak menonjol.

13. Memakai Laser Q-Switch NdYag

Laser Q Switch NdYag selalu ditawarkan dalam tiap klinik kecantikan yang menggunakan teknologi laser. Pengucapan nama treatment ini sulit, namun khasiatnya ampuh. Cukup dengan 3-4 kali pelaseran, kita akan bisa melihat flek hitam hilang. Penggunaan laser ini harus diawasi oleh dokter. Kontrol rutin selalu dibutuhkan agar tidak timbul luka atau bekas pelaseran yang justru memperburuk flek.

14. Rajin Memakai Masker Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis dan madu menjadi perpaduan bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam. Ramuan masker ini mudah dibuat. Cukup dengan menaruh 2 sendok madu dan perasan jeruk nipis secukupnya. Kemudian oleskan masker ini keseluruh wajah, atau cukup ke bagian yang ada flek hitamnya.

15. Rajin Membersihkan Wajah

Rajinlah membersihkan wajah, supaya tidak ada kotoran yang minyak yang menempel.  Penggunaan sabun pembersih wajah juga perlu diperhatikan. Lakukan trial dan eror untuk menguji coba sabun mana yang cocok untuk wajah. Karena ini penting agar kita bisa mendapatkan sabun terbaik yang cocok.

Itulah 15 penjelasan tentang bagaimana cara hilangkan flek hitam. Mudah saja, kan? Untuk dipraktekkan. Tinggal konsistensi dan keuangan yang perlu disiapkan. Karena perawatan wajah adalah suatu perawatan berkesinambungan yang butuh uang banyak. Di bawah ini masih akan kami sebutkan 60 cara lainnya yang bisa dicoba pula.

Lihat Juga: 50 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan-Bahan Alami

60 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah:

16. Tidak memakan cabai

17. Perbanyak jam tidur

18. Sering mengambil air wudhu bisa menghilangkan flek hitam

19. Banyak makan sayuran

20. Kurangi makan lemak

21. Diet gula bisa menghilangkan flek hitam

22. Pakai masker bengkoang

23. Maskeran tomat

24. Mencoba masker kopi

25. Mengoleskan masker susu bisa menghilangkan flek hitam

26. Menghindari paparan sinar matahari

27. Tidak sering memegangi flek hitamnya

28. Jangan sering makan telur

29. Jangan pakai bedak padat bisa menghilangkan flek hitam

30. Mencoba pakai bedak bayi

31. Hindari paparan asap

32. Jangan suka menggosok-nggosokkan buah ke wajah, cukup tempelkan

33. Bila flek masih kecil, langsung saja dilaser biar tidak jadi banyak

34. Usahakan selalu mengelap wajah bila basah dengan tissue bisa menghilangkan flek hitam

35. Sering mengganti handuk

36. Oleskan putih telur ke flek hitam

37. Oleskan baking soda yang dicampur perasan melon untuk menghilangkan flek hitam

38. Jangan berbagi penggunaan saput bedak

39. Hindari radiasi elektromagnetik tinggi

40. Jangan stress

41. Selalu berusaha ceria

42. Kurangi makan daging

43. Banyak makan buah

44. Lakukan senam wajah

45. Jangan memencet jerawat

46. Mengoleskan masker kefir ke flek hitam

47. Mencoba perawatan totok wajah

48. Hindari penggunaan krim abal-abal

49. Jangan ketergantungan pada obat dokter

50. Melakukan operasi plastik secara aman bisa menghilangkan flek hitam

51. Mengoleskan olive oil atau minyak ikan ke wajah

52. Banyak minum jus wortel

53. Buah jeruk sangat ampuh untuk menghilangkan flek hitam

54. Pakai bedak tabur

55. Rajin membersihkan make-up

56. Manajemen stress bisa menghilangkan flek hitam

57. Jangan sering galau dan marah-marah

58. Tidak sembarangan pakai sabun wajah

59. Merawat jerawat dengan baik

60. Menggunakan masker beras

61. Hindari penggunaan merkuri

62. Merawat luka bekas jerawat dengan baik

63. Tidak makan kacang-kacangan yang digoreng

64. Rajin olahraga di pagi hari

65. Tidak sering bergadang bisa menghilangkan flek hitam

66. Kurangi makan makanan manis

67. Konsumsi vitamin B kompleks

68. Penuhi kebutuhan vitamin D

69. Berjemur di bawah matahari pagi bisa menghilangkan flek hitam

70. Membasuh muka di air belerang

71. Menempelkan potongan mentimun ke wajah

72.Membuat masker melon

73, Mencoba masker alpukat bisa menghilangkan flek hitam

74. Sering-sering menghirup udara pagi yang berembun

75. Tidak sembarangan pakai krim wajah

Demikianlah 75 cara yang bisa kita coba untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Berbagai cara di atas terbukti 100% ampuh hilangkan flek membandel. Selamat mencoba!

Loading...
Cara Mengecilkan Bokong, Mengecilkan Pantat

20 Cara Mengecilkan Bokong dengan Cepat

Zodiak Hari Ini 3 dan 4 September 2017 terbaru