Connect with us

18 Cara Merawat Rambut, Biar Ngga Kayak Sapu Ijuk Lagi!

Cara Merawat Rambut, Perawatan Rambut Terbaik, Obat Rambut Alami

Kecantikan

18 Cara Merawat Rambut, Biar Ngga Kayak Sapu Ijuk Lagi!

Lihat.co.id – Rambut adalah mahkota kepala. Tanpa rambut, seseorang pasti malu jadinya. Rambut yang sehat dan good looking jadi idaman banyak orang. Sehingga tata-rambut dan cara merawat rambut pun jadi keniscayaan. Baik dalam model potongan maupun warnanya. Serta teknik perawatan rambutnya.

Cara merawat rambut yang baik juga menjadi langkah yang mesti diketahui, selain tentang bagaimana mengatur tata-rambut. Percuma rambut bagus dalam cuting maupun coloring, kalau ternyata rambutnya nggak sehat.

Rambut yang sehat adalah rambut yang nggak mengalami kerusakan, sekecil apapun. Ciri-ciri rambut sehat yaitu:

  • Warnanya hitam cerah atau pirang, sesuai dengan pigmen asli
  • Halus dan jatuh dengan sempurna ke bawah, nggak kusut
  • Tidak rapuh dan bercabang
  • Tak mudah rontok dan memiliki volume yang cukup (lebat)
  • Tidak lepek dan kusam
  • Memiliki kelembaban yang cukup
  • Bersih dan tanpa ketombe
  • Jika usai dipotong, pertumbuhannya relatif cepat panjang

Apakah rambutmu memenuhi unsur di atas? Jika iya, kami ucapkan selamat. Namun jika belum. Jangan bersedih, ya…! Sebab, cara merawat rambut itu mudah saja kok. Kami akan beri tahu itu.

Cara Merawat Rambut, Perawatan Rambut Terbaik, Obat Rambut Alami

Memang hidup di negara tropis itu susah-susah gampang. Apalagi buat yang banyak aktivitas gerak. Rambut jadi mudah rusak karena paparan sinar matahari dan akumulasi keringat. Alhasil, rambut jadi mudah kotor, berminyak dan kusut seperti sapu ijuk.

Bisakah membayangkan sapu ijuk? Bentuk rambut yang rusak itu seperti sapu ijuk. Kaku dan keras susah diatur. Terlalu mengembang namun kusutnya kelihatan sekali. Kamu nggak mau kan rambutmu kayak sapu ijuk? Jika nggak mau, lihat deh 10 cara merawat rambut di bawah ini:

1. Membuat Sirkulasi Udara di Kepala Berjalan Baik

Buat kamu yang sering mengikat rambut dan memakai hijab. Pasti merasakan sensasi rambut lepek dan berminyak. Ini terjadi karena sirkulasi udara di rambut berjalan buruk. Makanya, buat yang berhijab atau sering mengikat rambutnya, sebaiknya rutinlah melepas ikatan dan mengangin-anginkan rambut. Ini fungsinya biar kulit kepala nggak keringatan dan berlebihan keluar minyak. Cara merawat rambut ini terkesan simple, tapi ampuh banget loh!

2. Memakai Shampoo Khusus

Shampoo yang baik buat merawat rambut ternyata berbeda-beda setiap orang. Seseorang harus sering melakukan trial dan error guna mengetahui shampoo mana yang cocok. Sebaiknya untuk perawatan rambut, pilihlah shampoo yang mengandung anti ketombe. Shampoo dengan pelembut yang mengandung keratin dan zink juga baik sekali,

3. Jangan Sering Ganti Warna Rambut

Ketika seseorang terobsesi dengan hair coloring, pastilah bakal sering gonta-ganti warna rambut. Semir atau cat rambut memang menarik. Bisa bikin rambut terkesan mewah dan bagus. Pigmen rambut seseorang memang beda-beda.

Nggak semua orang suka warna hitam, alhasil diwarnai jadi blonde, burgundy atau bahkan biru dan ungu. Padahal ini buruk sekali, makanya butuh cara merawat rambut yang tepat. Khusus buat pemakai semir, sebaiknya sering keramas dengan shampoo yang mengandung conditioner.

4. Cara Merawat Rambut dengan Minyak Zaitun

Kalau rambut patah, kusut dan bercabang hingga mirip sekali dengan sapu ijuk. Sepertinya minyak zaitun bisa dipakai untuk merawat rambut. Caranya mudah saja. Oleskan saja minyak zaitun secara merata sambil memijat-mijat kulit kepala. Lakukan secara rutin tiap hari, selama 1 jam. Rasakan hasilnya! Sungguh menakjubkan!

5. Ramuan Daun Orang-Aring Baik Sekali untuk Menghitamkan Rambut

Lain halnya dengan mereka yang suka hair coloring warna-warni. Ada pula orang yang setengah mati mencari tahu cara menghitam rambut. Biasanya untuk menutupi uban. Nah, ini ternyata gampang banget loh! Ini cara merawat rambut secara alami dan herbal pula. Cukup dengan air tumbuhan daun orang-aring.

Lihat Juga:

6. Lidah Buaya dapat Melembabkan dan Melembutkan Rambut

Mencari daun orang-aring cukuplah sulit. Makanya butuh alternatif yang mudah didapatkan. Apa itu? Lidah Buaya. Di semua daerah, baik dataran tinggi maupun rendah, tanaman ini mudah sekali tumbuh. Cara merawat rambut dengan lidah buaya juga mudah saja. Cukup dengan mengambil daging lidah buaya, untuk dioleskan ke rambut.

7. Toning dan Smoothing Rambut

Smooting dan Toning sedang digandrungi oleh kaum hawa sebagai cara merawat rambut yang instan. Toning adalah proses pewarnaaan lapisan luar rambut, agar terlihat lebih rata. Sedangkan Smooting adalah proses meluruskan dan melembutkan rambut dari akar hingga ujungnya dengan obat khusus.

8. Sering Keramas

Sebenarnya berapa kali sehari keramas disarankan? Ternyata adalah 2 hari sekali. Kecuali dalam kondisi yang sangat kotor situasional. Misalnya habis main di arena outbond. Kamu bisa keramas rambutmu tiap hari. Dengan catatan harus benar-benar pakai shampoo dan bersih membilasnya.

9. Sering Mengguyur Rambut Tanpa Shampoo, Bikin Rambut Kaku?

Ya benar, kadang-kadang ada orang yang suka mengguyur kepalanya kalau mandi. Kalau nggak diguyur rasanya panas dan risih. Padahal tindakan ini justru seringkali jadi penyebab besar kenapa rambut jadi kayak ijuk. Kalau memang guyur kepala pakai air, ya rambutnya harus di-shampoo.

10. Hati-Hati Para Maniak Salon dan Obat Rambut!

Buat para maniak salon. Yang selalu termakan promosi obat rambut dan segala jenis perawatan rambut. Sebaiknya mulai pikirkan kesehatan jangka rambut yang lama. Rebonding, smooting, toning, catok, dan treatment lainnya memang bagus sekali hasilnya langsung kelihatan. Tapi kalau kamu berhenti merawatnya dan obatnya habis, maka rambut akan jadi makin rusak. Seperti ijuklah nampaknya.

Itulah 10 cara merawat rambut yang kiranya dapat kami jelaskan. Sebenarnya masih banyak sih cara perawatan lainnya, misalnya:

  1. Ini Cara Merawat Rambut Berketombe dengan Minyak Kelapa
  2. Cara Merawat Rambut Lurus dengan Minimalisir Ikatan
  3. Lihat Cara Merawat Rambut Keriting dengan Conditioner
  4. Ini Cara Merawat Rambut Botak dengan Obat Penumbuh Rambut Alami
  5. Cara Merawat Rambut Bercabang Teknik Potong Ujung
  6. Lihat Cara Merawat Rambut Merah dengan Semir Hitam Alami
  7. Ini Cara Merawat Rambut dengan Air Alkali
  8. Cara Merawat Rambut Biar Lebat dan Sehat dengan Bahan-Bahan Herbal

Keberhasilan perawatan rambut di atas sangat tergantung pada konsistensi. Perawatan rambut yang baik selalu butuh waktu tempuh. Jadi intens lah dalam melakukannya. Jadikan rutinitas sehari-hari! Jangan Cuma sekali dua kali saja sudah bosan. Ini sih namanya main-main.

Loading...
Continue Reading
Loading...
Click to comment

RSS Film Terbaru Minggu Ini

RSS Tempat Wisata Terbaru

RSS Tips Sehat

RSS Khasiat

close

RSS Penyakit.co.id


To Top