in

25 Cara Merawat Rambut Kering dan Rontok

Cara Merawat Rambut Kering, Rambut Rontok, Rambut Kusut

Lihat.co.id – Rambut kering dan rontok sangat mengganggu penampilan. Memberikan kesan berantakan dan jelek. Padahal rambut adalah salah satu bagian tubuh yang selalu terlihat dan diperhatikan orang. Kecuali kalau berhijab. Makanya, seseorang harus mengetahui cara merawat rambut kering dan rontok.

Penyebab rambut kering itu ada banyak. Salah satunya yang paling sering adalah karena kurang nutrisi. Padahal rambut itu seperti bagian tubuh yang lainnya, yang selalu butuh nutrisi. Bisa didapatkan dari shampoo atau melalui vitamin dan zat alami yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

Ketika rambut sangat kering. Yang terjadi adalah mudah patah dan rontok. Ini bisa bahaya kalau dibiarkan saja karena akan menimbulkan kebotakan dini. Tentu saja tidak ada satu pun orang yang mau rambutnya botak. Masih muda sudah seperti orang sepuh saja!

Kebotakan rambut yang bermula dari kerusakan rambut macam ini biasanya sifatnya permanen. Percuma diobati kalau belum tahu akar masalahnya. Sungguh percuma pakai obat penumbuh rambut atau pelebat rambut, kalau akar masalah belum teratasi.

Rambut kering juga disebabkan karena gaya hidup yang buruk dalam merawat rambut. Misalnya malas keramas, padahal seringkali aktivitas yang “mandi keringat” dan “panas-panasan”. Rambut kering yang karena malas ini biasanya cukup diterapi dengan penggunaan vitamin rambut dan shampoo yang mengandung conditioner dan moisturizer biasanya sembuh.

Mari langsung saja lihat 25 cara merawat rambut kering dan rontok supaya lembab, kuat, dan nggak patah-patah lagi:

Cara Merawat Rambut Kering, Rambut Rontok, Rambut Kusut

1. Memotong Ujung Rambut yang Kusut sebagai Cara Merawat Rambut Kering

Biasanya kekeringan pada rambut hanya terjadi pada ujung-ujungnya. Sehingga ujung rambut terasa kusut dan bercabang-cabang tidak rapi. Jika begini, mudah saja kok merapikannya. Cukup dengan memotong bagian ujungnya dengan gunting. Potonglah sampai ujungnya benar-benar rapi. Tidak ada lagi rambut yang kusut.

Teknik memotong ujung rambut ini juga bisa membuat pertumbuhan rambut lebih cepat panjang. Dan rambut juga jadi lebih lurus. Jadi jangan takut memotong rambut yang kusut dan kering di ujung. Karena ini benar-benar bagian dari cara merawat rambut kering yang paling mudah dan ampuh.

2. Memakai Conditioner Setelah Keramas

Lotion conditioner sangat bagus sekali dipakai sehabis keramas. Efeknya bisa melembutkan dan melembabkan rambut kering. Namun harus paham bagaimana cara menggunakan conditioner yang benar. Yaitu dengan dioleskan merata sambil diremas-remas dan dipijat.

Cara merawat rambut kering dengan conditioner ini sering diabaikan karena dianggap shampoo saja cukup. Padahal tidak untuk kasus rambut kering yang parah. Pilihlah merk conditioner yang sama dengan shampoo yang digunakan. Ini untuk menghindari efek alergi.

3. Menyisir Rambut Selama Keramas Bisa Jadi Cara Merawat Rambut Kering

Pernahkah melakukannya? Menyisir rambut saat sedang keramas? Menyisirnya benar-benar menggunakan sisir ya. Jangan hanya pakai jari. Ini ternyata baik sekali loh sebagai cara merawat rambut kering. Sisir yang berjalan di antara busa-busa shampoo akan membuat semua kotoran terangkat.

Bandingkan dengan keramas yang tanpa menyisir rambut. Jelaslah sangat beda. Apalagi dilanjutkan dengan pakai conditioner. Rasanya rambut akan langsung lembut sekali.  Sehabis keramas terkesan lebih lembab dan jatuh sempurna, tidak ada yang menggumpal kusut.

4. Memberikan Vitamin Rambut

Kini banyak beredar produk vitamin rambut dalam bentuk gel, spray, lotion atau cairan. Ini bagus juga loh sebagai vitamin rambut. Karena tubuh seseorang berbeda dalam merespon vitamin yang didapatkan dari konsumsi makanan. Terkadang ada tubuh yang gagal merespon dengan baik, sehingga jaringan rambut jadi rusak.

Cara merawat rambut kering dengan vitamin ini tentunya tidak bisa diharapkan instan. Jadi penggunaannya harus teratur. Dan otomatis, harus menyiapkan budget tiap bulannya untuk menyetok vitamin yang harganya cukup mahal, tergantung mereknya.

5. Sering Ubah Model Rambut adalah Cara Merawat Rambut Kering

Proses mengubah model rambut melalui tindakan cuting ternyata baik sekali loh untuk merawat rambut kering. Karena tukang cukur atau hair stylist tentu akan membuang jaringan rambut yang rusak. Sehingga pertumbuhannya jauh lebih baik.

Mengubah model rambut tiap 2 bulan sekali nampaknya jadi langkah yang bijaksana sebagai cara merawat rambut kering. Namun bilamana seseorang memiliki tingkat pertumbuhan rambut yang lambat. Yang mana ketika 2 bulan berjalan tak ada perubahan signifikan pada panjangnya rambut, maka bisa 3 atau 4 bulan sekali.

Lihat Juga:

6. Hindari Terik Matahari

Sinar matahari itu keras. Tidak hanya merusak kulit wajah dan tubuh. Namun juga merusak kulit kepala dan rambut. Cara merawat rambut kering bisa dimulai dari langkah sederhana, memakai topi atau payung jika memang sedang berada di bawah terik mentari.

Penggunaan topi atau payung akan menghindari dari paparan sinar matahari langsung. Yang biasanya akan membuat rambut memerah, bercabang, kering serta rapuh. Ini khusus buat orang yang banyak aktivitas outdoor.

7. Untuk Hijabers, ini Cara Merawat Rambut Kering!

Biar kata sudah berhijab rapet, namun seseorang mestilah memperhatikan kesehatan tubuhnya. Orang yang berhijab jelaslah kurang mendapatkan asupan sinar matahari. Sehingga kulitnya memang akan memutih, namun sedikit lebih pucat. Apalagi buat yang jarang makan buah dan sayur. Bakal pucat sekali.

Rambut pun demikian. Hijabers akan merasakan perubahan rambutnya sebelum dan setelah berhijab. Kalau berhijab itu rambutnya jadi gampang kering, kalau tidak pandai merawatnya. Padahal cara merawat rambut kering buat hijabers itu mudah banget. Sering-sering saja melepas jilbab, kalau pas ada kesempatan. Ini baik untuk membiarkan rambut bernafas sejenak.

8. Awas, Catok Rambut Bikin Rambut Kering!

Buat mereka yang terjun ke dunia entertainment atau modeling kerap repot urusan rambut. Di mana rambut bakal sering dicatok. Alat catokan rambut itu kan panas. Karena memang panas ini yang dipakai buat membentuk rambut sesuai keinginan.

Kalau memang rambut sudah sangat kering dan tidak manjur diberi terapi apa saja. Mending hindarilah catok. Pilihlah saja hair stylist yang pandai menata rambut dengan meminimalisir catokan. Ini baik sekali sebagai cara merawat rambut kering. Lagipula, menata rambut itu kan bisa pakai teknik ikatan saja.

9. Cobalah Resep Cara Merawat Rambut Kering Orang Zaman Dulu!

Apa itu resep orang zaman dulu? Dalam hal cara merawat rambut kering, ternyata orang zaman dulu punya resep ampuh. Dengan mengoleskan minyak kelapa dan memijat-mijat. Ini akan membuat rambut lebih lembab dan tidak kering lagi.

Namun penggunaan minyak kelapa ada kekurangannya. Yaitu susah sekali buat dibersihkan. Karena antara air dengan minyak itu kan tidak bisa bersatu. Makanya kalau habis keramas pakai minyak kelapa. Ya harus keramas pakai shampoo.

10. Minimalisir Penggunaan Semir Rambut

Semir rambut atau cat rambut efeknya sangatlah buruk untuk kesehatan rambut jangka panjang. Orang yang sering gonta-ganti warna rambut, pastilah rambutnya jadi kering dan kusut. Kerusakan rambut ini biasanya bersifat permanen. Kecuali berhenti total menggunakan semir.

Cara merawat rambut kering pada orang yang hobi semiran ini mudah saja sebenarnya. Sering-sering saja memberikan vitamin rambut. Dan jangan terlalu sering ubah warna.

Nah, selain 10 cara di atas. Adakah lagi cara merawat rambut kering yang lainnya? Tentu saja masih banyak banget yang bisa dipraktekkan, seperti:

  1. Tidak sering bleaching rambut sebagai cara merawat rambut kering
  2. Hindari smooting terlalu sering
  3. Jangan melakukan rebonding
  4. Hindari penggunaan obat keriting sebagai cara merawat rambut kering
  5. Penggunaan shampoo yang tepat
  6. Jangan pernah keramas pakai sabun mandi menjadi cara merawat rambut kering yang ampuh
  7. Sering keramas, 2 hari sekali bisa jadi cara merawat kering
  8. Pakai shampoo yang mengandung moisturizer dan keratin adalah cara merawat rambut kering dan rontok
  9. Banyak konsumsi makanan yang mengandung zink
  10. Menjaga kebersihan kasur tempat tidur dan bantal adalah cara merawat rambut kering yang mudah
  11. Jangan tidur di atas kasur kapuk, ini bisa bikin kering
  12. Mengoleskan ramuan alami lidah buaya menjadi cara merawat rambut kering dan rontok
  13. Mandi keramas dengan air dingin sekali, seperti di gunung
  14. Jangan pernah hujan-hujanan, apalagi saat hujan asam sebagai cara merawat rambut kering
  15. Jangan suka gonta-ganti shampoo, apalagi kalau sudah menemukan yang cocok

Nah, jika semua cara merawat rambut kering di atas sudah dilaksanakan dengan rutin. Semoga saja masalah rambut kering dan kusut bisa terhempaskan. Rambut sehat itu butuh perjuangan. Ingat bahwa keramas saja tidak cukup! Banyak cara lain, seperti di atas.

Loading...
Cara Merawat Rambut, Perawatan Rambut Terbaik, Obat Rambut Alami

18 Cara Merawat Rambut, Biar Ngga Kayak Sapu Ijuk Lagi!

Obat Penumbuh Rambut Alami, Minyak Penumbuh Rambut, Atasi Botak

17 Obat Penumbuh Rambut Alami, Sembuhkan Botak dengan Cepat