in

25 Cara Mengatasi Rambut Kering, Rusak dan Susah Diatur

Cara Mengatasi Rambut Kering

Lihat.co.id – Siapa yang tidak ingin punya rambut indah mempesona bak bintang iklan shampoo? Rambut yang terurai panjang, hitam, rapi dan halus. Rasanya membuat kepercayaan diri meningkat berkali-kali lipat. Sayangnya, beberapa orang terlahir nggak mendapatkan rambut demikian. Malah punyanya rambut kering dan patah-patah karena rapuh.

Apa sih sebenarnya yang bikin seseorang punya rambut indah? Ini nggak terlepas dari peran perawatan rambut sejak dini. Ketika seseorang sejak kanak-kanak terbiasa memperhatikan kebersihan, kesehatan dan kerapian rambutnya. Sudahlah pasti sampai dewasa akan demikian.

Sedangkan yang menyebabkan rambut kering dan patah-patah rapuh ini karena pola perawatan rambut yang salah. Misalnya malas keramas dan kurang memberikan nutrisi rambut. Selain itu paparan bahan kimia dan radiasi penyembuhan penyakit seperti kanker juga menyumbang pengaruh kerusakan rambut ini.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Berikut di bawah ini adalah 25 cara mengatasi rambut kering dan susah diatur yang dapat dipraktekkan sejak dini:

1. Rutin Keramas

Orang yang rutin keramas akan terhindar dari rambut kering dan patah-patah karena rapuh. Ini karena rambut dan kulit kepala selalu bersih dari debu, kotoran dan keringat atau minyak yang menempel. Sebaiknya keramas itu dilakukan tiap dua hari sekali.

2. Hindari Penggunaan Sabun untuk Sampo-an

Terkadang ada orang yang nyeleneh. Menggunakan sabun untuk shampoo. Padahal tindakan ini bahaya untuk kesehatan rambut. Karena meski sama-sama berbusa, namun kandungan kimia keduanya berbeda. Keramas pakai sabun bisa bikin rambut kering dan susah diatur.

3. Mengoleskan Masker Lidah Buaya

Masker lidah buaya sangat bagus buat mengatasi rambut kering dan susah diatur. Memang kandungan lidah buaya ini bisa membuat rambut jadi lebih lembab dan licin. Namun untuk memakai lidah buaya sebaiknya melalukan tes alergi kulit dulu di tangan. Bila terasa gatal, alangkah baiknya bila lidah buayanya direbus dulu supaya getahnya yang bikin gatal hilang.

4. Menggunakan Ramuan Orang-Aring

Orang-aring atau dikenal pula dengan nama urang-aring merupakan sebuah ramuan alami yang fungsinya untuk menghitamkan kulit. Memang jika kita menumbuk daun ini, kemudian mencampurkannya dengan air. Maka airnya bakalan berubah warna jadi hitam. Warna hitam inilah yang dipercaya bisa menghitamkan rambut dan mengatasi rambut kering secara cepat.

5. Menggunakan Minyak Rambut

Minyak rambut ini bermacam-macam. Sebaiknya gunakan minyak alami seperti minyak kemiri atau zaitun. Namun bisa pula minyak rambut kemasan yang dibeli di toko. Ini sangat bagus buat mengatasi rambut kering dan patah-patah yang dialami anak kecil maupun dewasa.

6. Memakai Pomade yang Cocok

Pomade adalah minyak rambut khas cowok. Memang yang pakai biasanya cowok. Fungsinya untuk merapikan rambut. Namun di balik itu semua, pomade juga baik untuk mengatasi rambut kering loh! Karena lotion ini akan membuat rambut pria senantiasa lembab dan wangi. Serta tentunya mudah diatur.

7. Tidak Pakai Semir Rambut

Cat rambut memang bagus. Semiran biar warna-warni bikin gaya. Tapi di balik semua tindakan mewarnai rambut ini, ada dampak yang mesti ditanggung. Yaitu rambut bakalan kering dan rusak. Maka satu-satunya cara buat mengatasi rambut kering ini adalah dengan menghentikan penggunaan cat.

8. Memakai Conditioner Setelah Keramas

Penggunaan conditioner rambut setelah keramas ternyata juga efektif buat mengatasi rambut kering dan susah diatur. Sebaiknya mulai coba pakai conditioner ya! Pilihlah merk yang sama dengan shampoo yang digunakan. Agar hasilnya maksimal.

9. Tidak Gonta-Ganti Warna Rambut

Gonta-ganti warna rambut ternyata bisa bikin seseorang jadi mudah mengalami rambut kering dan patah-patah. Intensitas gonta-gantinya ini terlalu sering. Sehingga rambut bakalan sering kepapar bahan kimia di produk semir.

10. Hindari Bleaching Rambut

Biasanya kalau mau mewarnai rambut. Supaya mendapatkan warna yang bagusnya maksimal, tukang cukur bakalan mem-bleaching rambut kita. Ini adalah tindakan menghilangkan pigmen rambut. Mengikis warna asli rambut sehingga menjadi kecoklatan, keemasan bahkan putih. Supaya warna semirnya mampu meresap dengan baik ke rambut. Ini bahaya loh! Bleaching bisa bikin rambut kering dan rusak.

Lihat Juga:

11. Jangan Sering Rebonding atau Smooting

Rebonding dan smooting adalah tindakan yang amat bahaya sekali karena bisa bikin rambut kering dan susah diatur di kemudian. Memang satu tahun atau dua tahun masih terlihat halus dan rapi rambutnya. Tapi nanti kalau obat rambutnya sudah habis, ya bakalan makin parah rusaknya deh.

12. Hindari Obat Keriting

Obat keriting begitu buruk loh bikin rambut kering dan susah diatur. Memang awalnya rambut terkesan bagus. Dari yang kelihatan ikal-ikal rapi. Nanti kalau efek obatnya sudah habis. Pastilah bakal bikin sibuk mencari tahu cara mengatasi rambut kering dan rusak!

13. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran bagus buat perkembangan dan kesehatan sel. Termasuk sel rambut. Kalau ingin punya rambut yang sehat banyaklah makan buah dan sayuran ya!

14. Jangan Suka Panas-Panasan di Bawah Terik Matahari

Dan sebaiknya jangan suka panas-panasan di bawah terik matahari karena begitu buruk bisa bikin rambut kering dan patah-patah rontok. Kerusakan rambut ini juga diperparah dengan perubahan warna rambut jadi kemerahan.

15. Bila Berhijab Harus Lebih Peduli Pada Kesehatan Rambut

Hijab memang wajib bagi muslimah. Namun muslimah yang tidak pandai merawat kesehatan rambutnya, biasanya rambutnya jadi kusut dan susah diatur. Untuk mengatasi rambut kering semacam ini hanya ada satu jalan. Yaitu dengan memperhatikan sirkulasi udara di kepala dan kebutuhan vitamin rambut.

16. Mengatur Suhu Ruangan di Rumah dan Kantor Agar Tidak Panas dan Keringatan

Pengaturan suhu ruangan agar tidak panas dan keringatan juga penting banget buat mengatasi rambut kering. Karena suasana panas saat kerja biasanya akan membuat rambut cepat kering dan rusak.

17. Hindari Memaksakan Pakai Shampoo yang Tidak Cocok

Penggunaan shampoo yang dipaksakan padahal tidak cocok juga menjadi penyebab rambut kering, rusak dan susah diatur. Padahal shampoo itu mestinya gunakan yang paling cocok. Jadi kalau nggak cocok, ganti saja ya!

18. Rutin Potong Rambut

Wah, ternyata rutin potong rambut juga bisa mengatasi rambut kering, rusak dan susah diatur. Ini karena rambut dari ujung hingga pangkal merupakan sel-sel yang baru dan sehat semua. Nggak ada yang kusut dan bikin jelek.

19. Jangan Membiarkan Rambut Kotor Terlalu Lama

Janganlah biarkan rambut kotor terlalu lama. Ini bisa membuat seseorang jadi mengalami rambut kering dan makin rusak dari hari ke hari. Rambut yang kotor mestinya segera dicuci (keramas).

20. Bila Berketombe Harus Segera Diobati

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang mesti diatasi. Selain masalah rambut kering dan patah-patah rusak. Shampoo anti ketombe bagus sekali buat memberatas ketombe. Namun bila sudah sangat parah, sebaiknya ke dokter kulit saja. Biar dikasih obat khusus.

21. Mengoleskan Minyak Kemiri

Minyak kemiri bagus banget buat mengatasi rambut kering dan rontok. Ini begitu baik untuk perawatan rambut jangka panjang. Jadi nggak mengalami kerusakan yang makin parah saja.

22. Pakai Minyak Kelapa untuk Melembutkan

Minyak kelapa baik banget loh buat mengatasi rambut kering! Ini sudah terkenal sejak dulu di kalangan orang tua untuk bikin rambut anak-anaknya jadi lembut.

23. Gunakan Teknik Gunting Ujung Rambut

Memotong ujung rambut yang rusak bisa mengatasi rambut kering, rusak dan patah-patah.

24. Jangan Gonta-Ganti Shampoo

Janganlah gonta-ganti shampoo bila sudah menemukan yang cocok. Supaya rambut jadi sehat, nggak rusak lagi.

25. Hindari Alat Catokan Rambut

Alat catok rambut adalah penyebab paling besar dari kerusakan rambut seperti rambut kering dan patah-patah. Maka minimalisir lah penggunaannya!

Itulah 25 cara mengatasi rambut kering dan patah-patah rapuh yang bisa dicoba. Tidak ada jalan lain untuk memiliki rambut indah, selain dengan kedisiplinan diri. Semoga saja cara di atas berhasil.

Loading...
Cerita Lucu, Jatuh Cinta, Pacaran, Humor Dewasa

5 Cerita Lucu yang Hanya Dialami oleh Mereka yang Sedang Jatuh Cinta

Jenis Bertapa, Jenis Semedi, Tapa, Kejawen, Buddhisme

20 Jenis Bertapa atau Semedi ala Orang Kejawen, Selain Tapa Brata