Connect with us

Media Sosial Bukan Tempat Pamer atau Curhat Tapi Pergunakan Media Sosal Untuk Membantu Sesama

Media Sosial Bukan Tempat Pamer atau Curhat Tapi Pergunakan Media Sosal Untuk Membantu Sesama

Inspirasi

Media Sosial Bukan Tempat Pamer atau Curhat Tapi Pergunakan Media Sosal Untuk Membantu Sesama

Loading...

Lihat.co.id – Belakangan, media sosial tengah heboh oleh foto seorang kakek yang sedang tertidur pulas di sebuah warung makan yang berada di pinggir jalan. Terengah dengan kondisi bapak itu, salah seorang akun Facebook bernama Hafizah Sari mengunggah foto kakek yang sedang tertidur itu ke Sosial Media pada tanggal 20 Oktober 2016. Waktu terus berlalu, lama kelamaan foto tersebut menjadi viral di Media Sosial.

Media Sosial Bukan Tempat Pamer atau Curhat Tapi Pergunakan Media Sosal Untuk Membantu Sesama

Dan ternyata sang kakek itu adalah pemilik dari warung nasi uduk kecil itu yang beralamat di depan PertaminaMaritime Trainng Center, edkat Jalan Rawamangun, Jakarta Timur. Di Usa kakek yang sudah menua, ia rela menunggu sampai malam untuk melayani seorang pembeli sampai-sampai ia ketiduran.

Baca Juga : Apa yang di Lakukan Pria Ini Saat Curi TV Bikin Greget! Videonya Viral di Media Sosial

Karena postingan Hafiza, sekarang sang kakek tidak perlu lagi ketiduran atau bahkan tidak perlu menunggu sampai malam hingga nasi uduk dagangannya habis. Salah seorang pengguna Facebook bernama Widji Priyant Al Fatih pada hari Senin (24/10/16) menuturkan warung nasi uduk sang kakek sudah ramai pengunjung yang berlangganan datang tiap harinya.

Kakek viral

Selain Hafizah Sari, sebenarnya banyak orang yang menggunakan kekuatan sosial media untuk membantu orang di sekitar. Melalui foto-foto yang diunggahnya yang kemudian menjadi viral, banyak masyarakat yang terketuk hatinya agar bisa membantu orang yang sedang membutuhkan pertolongan.

Sebagaimana diketahui, sekarang penggunaan media sosial menjadi hal yang candu bagi masyarakat Indonesia. Hampir setiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit orang-orang rela menghabiskan waktunya hanya untuk mengecek sesuatu yang baru atau bertegur sapa dengan orang lain di media sosial. Media sosial yang akrab dikunjungi adalah Facebook, Twitter,dan Instagram.

share

Misalnya adalah pengalaman yang saya rasakan ketika melakukan ritual wajib tiap hari ini. Saya banyak melihat informasi-informasi yang dibagikan oleh teman-teman yang saya ikuti. Sayabanyak melihat kondisi hati mereka yang mereka curahkan ke media sosial. Ada yang sedang berbahagia dan ada yang sedang bersedih. Saya terus mendapatkan informasi mereka tiap hari yang selalu di update.

Kecepatan penyampaian informasi melalui media sangatlah cepat penyebarannya. Bahkan kecepatan pelari Usain Bolt di arena Olimpiade mungkin kalah. Teman-teman yang mengikuti kita akan cepat menerima informasi yang kita berikan, misalnya berupa tulisan, foto, ataupun video. Mereka menangkap itu semua, dan bereka berhak membagikannya kepada temannya yang lain. Bila postingan kita menarik, mereka tak sungkan untuk membagikannya dengan orang lain, dan akhirnya bisa menjadi viral.

Baca Juga : Foto Menteri Susi Santap Bakso di Pinggiran Jalan Temanggung Viral di Media Sosial

Sebagaimana kita ketahui, tuhan nenciptakan kita sebagai makhluk sosial. Dimana setiap individu sangat memerlukan bantuan orang lain untuk menjalani kehidupan. Membantu antar sesama adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap agama.di muka bumi ini.

Saling membantu

Tidak semata-mata hanya untuk menjalankan sesuatu yang diwajibkan oleh agama saja, secara fitrah, manusia yang merupakan makhluk sosial pelu membantu antar sesama manusia, dimana dengan membantu sesama akan mengasah naluri kita. Bila hanya memposting kegiatan di sosial media, itu tidak cukup, memang kamu mendapatkan kepuasan diri, akan tetapi apakah sesuatu yang kamu bagikan itu selalu mendapat pujian selalu?

Baca Juga : Supaya Dapat Like Banyak di Media Sosial, Remaja Ini Bakar Diri dan Loncat dari Jembatan

Kebiasaan pamer mungkin menjadi salh satu alasannya. Karena pamer kita tidak bisa mengontrol pikiran kita sehingga kita tidak mengetahui apa yang ada di pikiran orang lain tentang pamer kita tersebut. Semua balik lagi terhadap niat awal kita untuk saling menolong.

#Repost @ketimbang.ngemis.soloo with @repostapp ・・・ #Repost @rafandaaaa with @repostapp ・・・ Assalamualaikum wr. wb. sahabat ketimbang ngemis solo.. . Alhamdulillah hari ini sekitar pukul 12.20, pulang dari study melewati jalan yang berada pas di sebelah timur Gor Bulutangkis Stadion Manahan, saya berjumpa dengan sosok tangguh dan penuh motivasi. Beliau adalah Mbah Pariyem, bertempat tinggal di Ngemplak, Kismoyoso, Kabupaten Boyolali. Ketika saya menanyakan umur juga anak, beliau kesulitan untuk mengingat. Tapi beliau menjelaskan bahwa anak anaknya sudah mentas juga berkeluarga semua.. . Suami beliau sudah lama meninggal, jadi Mbah Pariyem pun hidup sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, beliau berjualan semprong, romeo, dan enting enting. Berangkat dari rumah pagi pagi sekitar pukul 06.30 beliau naik angkot untuk menuju Surakarta. Beliau menjajakan dagangan di sekitar Sriwedari, Stadion Manahan, dan Nusukan dengan berjalan kaki menggendong barang dagangan dibawah panas teriknya matahari. Sesekali beliau beristirahat untuk minum dengan bekal air putih yang dibawa dari rumah. Jikalau sudah sore, beliau menuju sekitaran Terminal Tirtonadi untuk naik angkot pulang ke kediaman.. . Satu pelajaran hari ini yang bisa saya terima tentang kegigihan hidup, semangat pantang menyerah, dan sikap bersyukur atas apapun yang Alloh berikan untuk dapat diterima dan diupayakan dengan sebaik baiknya. Bagi sahabat KNS yang menjumpai beliau, sempatkan untuk mengobrol dan membeli dagangan Mbah Pariyem.. . BELILAH WALAU TAK BUTUH, KARENA DISETIAP RISKY DAN HARTA KITA, ADA SEBAGIAN YANG MENJADI HAK ORANG LAIN.. . #ketimbangngemis #ketimbangngemissolo #ketimbangngemissoloo

A photo posted by Ketimbang Ngemis (@ketimbang.ngemis) on

Memberi pertolongan antar sesama dapat dilakukan dengan berbagai cara. Menurut saya tidak salah kita mengunggah pertolongan yang kita berikan kepada orang lain di media sosial. Namun itu tergantung dari niat awal kita saja. Kalau niat untuk menolong, maka orang lain dapa sadar untuk segera menolong sesama. Seperti halnya yang dilakukan oleh Hafiza Sari.

Baca Juga : Mimpi Teman di Siksa, Gadis Ini Hapus Semua Foto Umbar Aurat di Media Sosial

Ditambah akhir-akhir ini banyak orang yang membuat akun media sosial dengan menghimpun nama sebagai pemberi informasi. Dengan itu kita bisa dengan mudah sesama, walaupun tidak mengenalnya.

Media sosial harus mampu disikapi masyarakat untuk digunakan secara bijak. Menyebarkan kebaikan dengan niat menolong itu tidaklah salah. Biarkanlah anggapan orang lain yang berkomentar negatif, yang terpenting niat awal kita. Apakah untuk menolong atau hanya sekedar untuk pamer saja.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Inspirasi

Kesehatan

ikan tuna, manfaat ikan tuna, khasiat ikan tuna
ikan teri, manfaat ikan teri, Khasiat ikan teri
ikan tenggiri, manfaat ikan tenggiri, khasiat ikan tenggiri
Manfaat Mandi Air Hangat
5 Manfaat Bawang Bombay
5-makanan-yang-ampuh-turunkan-kolesterol
Bahaya Tidur Mendengkur

RSS Khasiat

RSS TV Online

To Top