in

Cara Membuat Halaman Facebook untuk Bisnis, Iklan dan Branding Produk

Cara Membuat Halaman Facebook

Lihat.co.id – Facebook kini telah bermetamorfosis, dari sebuah situs jejaring sosial menjadi sebuah situs jejaring bisnis. Ada begitu banyak fitur-fitur di Facebook yang mendukung jalannya suatu bisnis dan internet marketing. Salah satunya adalah Halaman (Page). Cara membuat Halaman Facebook ini mudah saja. Tinggal klak-klik saja sesuai dengan panduan. Yang susah itu adalah menjalankan halaman yang sudah dibuat. Agar mampu menjadi alat untuk menjalankan bisnis dan Facebook marketing.

Sebelum membuat suatu Halaman Facebook untuk kepentingan bisnis. Alangkah baiknya menyiapkan materinya dulu. Karena bisnis itu sendiri memiliki banyak unsur-unsur. Paling utama adalah Produk dan Brand.

Produk apakah yang hendak dikomunikasikan kepada khalayak netizen pengguna Facebook? Dan Brand atau Merek apa yang akan dipakai?

Cara Membuat Halaman Facebook

Produk dan Branding memang dua hal yang tidak terpisahkan. Halaman Facebook bisa digunakan untuk branding secara luas dan tertarget. Percuma saja membuat Halaman Facebook kalau branding dasarnya saja kacau. Apa itu branding dasar? Ini adalah konsep atau ide bisnis yang dijadikan materi beriklan (promosi).

Di bawah ini adalah penjelasan tentang bagaimana Halaman Facebook dipakai untuk bisnis, iklan dan branding produk. Perhatikan tiap tahapannya dan simak penjelasannya dengan baik!

A. Pemilihan Produk dan Branding

Pertama-tama yang harus ditentukan adalah produknya. Apa sebenarnya yang hendak dijadikan komoditi? Atau objek apakah sebenarnya yang akan diiklankan kepada masyarakat?

Produk harus jelas dan real. Memang eksis di kehidupan nyata. Jangan sampai menginformasikan suatu produk yang hoax atau imajiner keberadaannya.

 Cara Membuat Halaman Facebook

Produk ini pun terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu:

  • Produk Barang: suatu produk terkait dengan benda-benda. Seperti: fashion, gerabah, perhiasan.
  • Produk Jasa: merupakan produk yang terkait dengan bantuan melakukan sesuatu. Seperti: jasa sedot WC, jasa web developer, jasa desain dan rancang-bangunan rumah.
  • Produk Informasi: adalah suatu produk yang tidak berbentuk barang dan jasa. Namun hanya sekadar informasi dalam bentuk tulisan maupun gambar. Seperti: profil artis, kata-kata motivasi, sharing informasi dari website.

Sebelum membuat halaman Facebook untuk bisnis. Sebaiknya tentukan dulu yang manakah produk yang akan dikenalkan pada masyarakat. Sebagai contoh. Kami akan membuat sebuah Halaman Facebook untuk mempromosikan produk BATU ALAM. Yaitu batu-batuan yang memiliki warna, bentuk dan tekstur menarik. Yang biasanya dipakai sebagai bahan material bangunan. Seperti Batu Andesit, Marmer atau Granit.

Lihat Juga: 10 Contoh Usaha Bisnis Online yang Menjanjikan

Kami akan memilih gunakan brand atau merek WATU ALAM. Yang dalam bahasa Indonesia itu artinya adalah BATU ALAM juga. Maka kami akan buat halaman Facebook yang namanya Watu Alam pula.

Kebetulan ketika disearch di kotak pencarian, nama ini pun belum dipakai. Maka secara branding, ini sangat bagus sekali. Karena tidak ada kompetitor halaman dengan nama yang sama.

Cara Membuat Halaman Facebook

Memang dalam melakukan Branding itu setidaknya ada beberapa tahapan yang mesti dilalui, yaitu:

  • Pemilihan nama brand atau merek produk haruslah BARU. Lebih baik nama yang benar-benar hanya ada satu di dunia atau di lingkungan tempat branding dilakukan.
  • Kalau di Facebook sudah ada halaman dengan nama yang sama, sebaiknya dihindari. Kecuali jika memang sangat yakin bahwa kompetitor itu bukan suatu halangan untuk mempromosikan produk.
  • Jadi yang harus diperhatikan dalam membuat halaman Facebook adalah nama Halaman itu sama dengan Nama Brand produk. Ini memiliki nilai plus. Di mana saat Halaman dilaunching dan dijalankan. Maka branding sudah mulai terjadi.
  • Meski begitu, ada pengecualian bila produk yang dipromosikan adalah jenis produk heterogen atau beragam. Dalam arti tidak hanya satu produk yang dijual. Serta tidak memiliki merk dagang utama yang khusus. Maka Halaman Facebook bisa dibuat berlainan dengan brand produk.

 

B. Tahapan Membuat Halaman Facebook

Cara membuat halaman Facebook yang disusun di bawah ini sudah berdasarkan dengan ide bisnis yang kami pakai, yaitu untuk mempromosikan produk batu alam. Kami menggunakan nama Brand “WATU ALAM”.

Ini adalah halaman yang dibuat untuk memberikan informasi terkait batu-batuan alam yang dipakai untuk bahan bangunan. Page Watu Alam juga akan melakukan promosi produk batuan alam milik perusahaannya.

1. Klik di Pojok Kanan Atas Tampilan Akun Facebook di Layar Komputer Anda. Pilih menu “Buat Halaman”

Langsung saja arahkan kursor ke pojok kanan atas yang ada ikon segitiga sama sisi. Klik menunya dan pilih “buat halaman” atau “create page” kalau dalam bahasa Inggris. Nanti Facebook akan loading dan mengantarkan pada langkah selanjutnya.

 

 Cara Membuat Halaman Facebook

2. Memilih Jenis Topik Halaman yang Sesuai dengan Jenis Bisnis

Facebook memiliki presentasi yang bagus sekali dalam menunjukkan tentang bagaimana cara membuat Halaman. Mereka memiliki beberapa pilihan niche (rumpun topik) yang bisa digunakan untuk membuat halaman. Pilihlah jenis topik halaman ini yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan.

Karena kami memilih bisnis produk barang berupa Batu Alam yang memiliki Brand “Watu Alam”, maka kami memilih jenis halaman dengan topik “Merek atau Produk”. Klik saja menu bergambar sepatu, kalkulator dan botol itu.

Nah, misalnya bisnisnya adalah produk jasa maka bisa pakai yang menu “Tempat atau Bisnis Lokal”, “Perusahaan, Organisasi, atau Institusi”, dan juga “Hiburan” serta “Gerakan atau Komunitas”.

Lain cerita jika bisnisnya adalah bisnis informasi. Maka semua menu sebenarnya bisa dipakai. Pilih saja yang menurut anda paling menggambarkan bisnis yang akan dijalankan. Pemilihan jenis halaman yang sesuai dengan jenis bisnis sangat penting untuk komunikasi pemasaran produk.

 Cara Membuat Halaman Facebook

3. Pilih Kategori dari Merek atau Produk. Sesuaikan dengan Bisnis yang Dijalankan

Ketika suatu menu dari jenis halaman di klik, maka akan menghasilkan pilihan-pilihan kategori yang sangat banyak. Tentu ini sangat membantu menargetkan konten halaman. Agar tepat sasaran mendapatkan “like” atau “pemirsa”. Jangan asal-asalan dalam memilih kategori ini. Supaya halaman Facebooknya jadi lebih rapi dan tertarget pangsa pasarnya.

 Cara Membuat Halaman Facebook

 

Sebagai contoh kami memilih menu Merek dan Produk. Maka pilihan kategorinya sangat banyak sekali. Dan ternyata kategori “bahan bangunan” itu ada.

Batu Alam itu kan material untuk rancang bangunan. Jadi kami pilihkan kategori bahan bangunan ini. Lantas, bagaimana jika ternyata kategorinya tidak ada yang sesuai? Maka pilihlah yang paling merepresentasikan (mendekati) produk yang anda promosikan.

Apabila kategori Bahan Bangunan tidak ada. Maka kami akan memilih “Dekorasi Rumah”. Dengan pertimbangan, batu alam itu memang digunakan untuk mendekor rumah agar lebih cantik.

 Cara Membuat Halaman Facebook

Setelah memilih kategori, tinggal menuliskan nama dari merek atau produk dari bisnis yang dijalankan. Seperti kami di sini menuliskan “Watu Alam” sebagai nama merek produk/brand sekaligus nama Halaman Facebook kami. Jika sudah tuliskan. Tinggal klik “memulai” biar dibawa ke langkah selanjutnya. Cara Membuat Halaman Facebook

 

4. Unggah Foto Profil Untuk Halaman Facebook

Selanjutnya untuk membuat Halaman Facebook adalah menambahkan foto profil. Ini sangat penting sekali. Jadi, seorang pebisnis wajib mengupload foto andalannya yang paling mencitrakan bisnisnya. Buatlah foto secara khusus. Jangan ambil dari internet. Ini akan semakin meningkatkan minat netizen buat like dan follow halaman bisnis anda.

Foto profil yang asli juga memberikan kesan profesional dalam bisnis. Jadi tidak seperti halaman palsu yang dibuat sekadar iseng. Pakai foto profil dengan resolusi terbaik dan tidak nge-blur serta tidak terpotong saat diterapkan. Supaya rapi dan indah dipandang.

 Cara Membuat Halaman Facebook

5. Tambahkan Foto Cover untuk Halaman Facebook

Tak kalah dari foto profil. “Cover” pun sangat penting ditambahkan. Sebaiknya upload cover yang sesuai pula dengan bisnis yang dijalankan. Seperti kami akan berbisnis batu alam. Maka kami memilih cover berupa gambar yang menunjukkan batu alam itu sendiri. Cara Membuat Halaman Facebook

6. Halaman Facebook Selesai Dibuat

Jika sudah menambahkan foto dan cover. Maka Halaman Facebook sudah selesai dibuat. Silahkan digulir ke atas dan ke bawah. Perhatikan baik-baik tampilan dan tiap menunya. Sungguh representatif dan canggih ya untuk menjalankan promosi bisnis di era modern sekarang.

Internet Marketing melalui Facebook gampang sekali dijalankan dengan membuat Halaman ini. Apalagi kini Facebook langsung menyediakan fitur “Promosikan” dengan biaya, jangkauan audiens dan waktu tayang iklan yang telah disepakati.

Semakin lama dan melimpah audiens interaksi, maka makin mahallah iklan promosi ini. Inilah yang disebut Facebook Ads yang sedang tenar itu.

 Cara Membuat Halaman Facebook

 Cara Membuat Halaman Facebook

 

7. Menambahkan Deskripsi untuk Halaman Facebook yang Telah Dibuat

Sebenarnya ketika halaman sudah selesai dibuat. Langkahnya sama sekali belum selesai. Anda mesti menambahkan rincian-rincian mengenai profil halaman yang telah dibuat. Misalnya pada menu “Deskripsi Singkat” ini. Harus membuat sekitar 2 kalimat untuk mendeskripsikan secara ringkas tentang apa dan bagaimana bisnisnya.

 Cara Membuat Halaman Facebook

8. Mengecek Keterlihatan Halaman di Kolom Pencarian Facebook

Langkah terakhir dalam membuat Halaman Facebook adalah mengecek sendiri apakah halaman yang dibuat benar-benar telah terbit. Caranya mudah saja. Tinggal di-search di kolom pencarian. Tulis “Watu Alam” misalnya, maka halaman ini berada di urutan pertama pencarian. Maka ini artinya nama halaman ini baru pernah dibuat di Facebook.

Semakin banyak interaksi dan menarik pengunjung datang. Maka Halaman Facebook akan semakin banyak like-nya. Dan percayalah bahwa “jumlah orang yang menyukai halaman” akan sangat berpengaruh pada omzet penjualan dari produk bisnis.

Apalagi kalau like-nya adalah like organik dari manusia yang memang butuh produk yang anda jual. Ini akan sangat membantu “ketahanan bisnis” agar selalu laris. Sayangnya untuk mendapatkan like halaman Facebook memang susah. Apalagi like organik. Ini bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Makanya celah kelemahan dan kesusahan ini sering dipakai oleh orang yang pandai di bidang per-Facebook-an dan tools-tools aplikasi internet untuk berjualan like bot. Yaitu like yang dilakukan oleh sistem aplikasi/robot. Tentunya antara like bot dengan like organik sangat jauh berbeda.

 Cara Membuat Halaman Facebook

Nah, begitulah kiranya yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat Halaman Facebook untuk bisnis, promosi dan branding. Ini barulah tahapan-tahapan membuat halaman dari nol sampai launching. Kalau soal materi posting kiriman halaman dan cara menggunakan fitur “Promosi”, ini lebih cocok dibahas dalam artikel lain soal Facebook Ads atau Facebook Internet Marketing.

Loading...
Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Asyik, Seperti Sedang Main Game!

Peribahasa Cina Confusius

150 Peribahasa Cina, Berbagai Pepatah Cina Kuno dalam Bahasa Mandarin, Beserta Artinya