in

13 Ciri-Ciri dan 20 Cara Mengatasi Penuaan Dini Yang Tepat, Mudah Dilakukan

lihat.co.id – Setelah mengetahui ciri-ciri penuaan dini muncul pada wajah Anda, segeralah mencari cara mengatasi penuaan dini. Gaya hidup mulai dari pola makan, pola kerja hingga kebiasaan menjadi penyebab penuaan dini. Dewasa ini, setiap orang sibuk mempercantik diri dengan berbagai jenis fashion dan produk-produk kecantikan.

Tidak hanya bagi kaum remaja saja yang kian menggandrungi bidang kecantikan tetapi mereka yang berumah tangga juga. Kamu wanita bahkan rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit supaya terlihat cantik dan awet muda. Namun, meskipun telah melakukan berbagai perawatan, tak serta merta menghilangkan kegelisahan mereka atas penuaan dini.

Semua permasalahan kulit seperti keriput atau tanda-tanda penuaan dini lainnya merupakan ancaman tersendiri bagi semua orang. Berikut tanda atau ciri-cirinya :

Inilah 13 Ciri-Ciri Penuaan Dini

Ada beberapa ciri-ciri penuaan dini yang muncul pada tubuh. Anda bisa mengenalinya dan segera mungkin menghilangkan tanda tersebut pada tubuh.

  • Kulit menjadi kasar
  • Terjadi lipatan di sekitar mata
  • Keriput di sekitar wajah
  • Wajah menjadi pucat dan tidak berseri-seri
  • Muncul flek hitam pada wajah
  • Kulit menjadi kering, kusam, pucat dan tidak kenyal
  • Muncul lingkaran hitam pada mata atau kantung mata
  • Pori-pori kulit semakin membesar
  • Adanya penumpukan lemak di titik-titik tertentu pada tubuh
  • Kulit bibir kering
  • Timbul guratan garis tawa merupakan ciri-ciri penuaan dini yang umum dialami kebanyakan orang
  • Kinerja otak melemah
  • Penurunan Kondisi Jaringan

Jangan biarkan wajah atau tubuh Anda timbul ciri-ciri penuaan dini seperti diatas, apalagi jika masih muda. Penuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi untuk kulit kamu. Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur muncul beberapa ciri diatas, jangan khawatir. Masih ada cara mengatasi penuaan dini yang ampuh.Ciri atau tanda penuaan dini biasanya muncul pada kulit yang tidak ternutrisi dengan baik.

Sehingga, menjadikan kulit pecah-pecah, bersisik, kasar dan disertai dengan keriput dan flek hitam di sebagian wajah. Penyebab penuaan dini terdiri dari dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi keturunan, kejiwaan, kesehatan dan daya tahan tubuh seseorang. Faktor ini tak dapat dihindari karena merupakan proses alamiah pada tubuh yang seringkali dipicu oleh perubahan hormonal dan tingkatan stres.

Oleh karena itu sebaiknya hindari stres yang berlebihan. Stres tidak hanya mempercepat penuaan tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya. Dimana dapat menyebabkan tubuh terserang anemia dan beberapa penyakit mematikan.

Faktor kedua penyebab penuaan dini ialah faktor eksternal yang meliputi sinar matahari, radikal bebas dan kelembapan udara. Ketiganya merupakan permasalahan serius yang seringkali diremehkan oleh sebagian orang, khususnya para remaja. Sebagai remaja, anda pasti ingin memiliki kulit yang cantik dan terawat dengan baik bukan?

Inilah Cara Mengatasi Penuaan Dini

Selain menghindari penyebab penuaan dini, Anda juga harus bisa merawat kulit. Hal ini bertujuan  untuk menghilangkan ciri-ciri penuaan dini yang muncul pada tubuh. Lalu bagaimana cara mengatasi penuaan dini tersebut? Simak dalam ulasan berikut ini :

 

1. Gunakan krim wajah

Mungkin diantara Anda ada yang masih ragu untuk mengaplikasikan krim pada wajah. Tak heran memang, jika takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada wajah atau kulit. Mengingat sekarang ini banyak krim wajah palsu dan justru memperburuk kondisi wajah dari sebelumnya. Sebagian orang ada yang lebih mempercayai perawatan alami untuk wajah mereka.

Tapi, tak ada salahnya menggunakan krim wajah yang beredar di pasaran sebagai cara mengatasi penuaan dini. Asalkan krim tersebut aman dan terbuat dari bahan-bahan yang tidak membahayakan kulit. Anda harus selektif dalam penggunaannya dan pilihlah produk dengan kualitas terbaik. Gunakan krim tabir surya dari produk kecantikan kesayangan anda sebelum beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Krim ini akan melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar

Buah dan sayur amat baik bagi kulit dan merupakan cara mengatasi penuaan dini yang tepat. Karena dipercaya dapat meremajakan kulit anda khususnya pada bagian wajah. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya sangat baik untuk menepis sel-sel kulit mati yang bersarang di kulit. Contohnya jika anda ingin memiliki mata yang bening dan terhindar dari kantung mata atau keriput disekitarnya anda dapat rutin mengonsumsi wortel dan sayur bayam.

3. Konsumsi air putih

Minum air putih secara rutin termasuk cara mengatasi penuaan dini yang ampuh. Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Jika kebutuhan ar terpenuhi maka, ciri-ciri penuaan dini bisa hilang dari tubuh. Tubuh yang kekurangan mineral akan membuat kulit cepat kering dan mudah kusam. Konsumsilah minimal 8 gelas air sehari untuk menjaga kulit anda tetap sehat berseri.

Sebagai manusia, kita tentunya menginginkan kesempurnaan dalam hidup, sebagian kecil nya adalah tubuh. Jika anda merawatnya dengan baik maka anda akan merasakan efek positif yang diterima yaitu tubuh anda akan terasa segar sehingga membuat anda lebih bersemangat untuk beraktivitas sehari-hari.

4. Madu

Bahan alami yang sering digunakan untuk mempercantik kulit adalah madu. Madu mempunyai manfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan keriput, menghaluskan kulit dan lain sebagainya. Dengan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, madu mampu mengatasi penuaan dini dengan baik.

Ambillah madu secukupnya, kemudian terapkan secara merata ke bagian wajah dan leher. Biarkan meresap ke kulit selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Secara perlahan, kulit keripun dan garis halus hilang dengan sendirinya.

5. Pisang

Buah yang nikmat yang bisa menggantikan nasi ini bisa juga menyamarkan tanda penuaan dini. pisang bisa menghilangkan garis-garis pada wajah dan mencerahkan kulit wajah. Caranya, haluskan pisang sampai lembut seperti krim. Selanjutnya, terapkan pada kulit dan leher secara merata dan diamkan 20 menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

6. Kentang dan bengkoang

Baik kentang maupun bengkoang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kedua bahan ini bisa menjaga elastisitas dan melembabkan kulit serta mencerhkan kulit. Cara mengatasi penuaan dini dengan kentang dan bengkoang sama dengan penggunaan pisang. Tinggal dihaluskan kedua bahan lalu campur hingga berbaur rata dan diterapkan pada wajah.

7. Minyak zaitun dan lemon

Kombinasi minyak zaitun dan lemon mampu menghilangkan tanda penuaan dini dengan cepat. Minyak zaitun dan lemon mempunyai kandungan antioksidan yang diperlukan oleh kulit. lemon juga berkhasiat untuk mengencangkan, mencerahkan dan membersihkan kulit wajah. Campurlah air perasan lemon dengan perbandingan yang sama. Setelah berbaur, aplikasikan ke wajah dan tunggu 20-30 menit agar meresap. Setelah itu bilas sampai bersih.

13 cara lain mengatasi penuaan dini

  1. Minyak kelapa
  2. Anggur hijau
  3. Kulit semangka
  4. Nanas
  5. Mentimun
  6. Buah alpukat
  7. Susu dengan madu
  8. Perbanyak minum teh hijau
  9. Olahraga secara teratur
  10. Selalu membersihkan make up sebelum tidur
  11. Tidur yang cukup
  12. Kurangi begadang di malam hari
  13. Hindari alkohol dan minum kafein berlebihan

Lihat Juga : Cara Ini Terbukti Ampuh Mencegah Penuaan Dini, Simak Sampai Tuntas!

Demikianlah ciri-ciri dan cara mengatasi penuaan dini yang benar dan bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Tak perlu biaya yang mahal, cukup membiasakan diri hidup sehat dan memanfaatkan bahan yang disediakan alam bisa kok menghapus tanda penuaan dini.

Loading...
Pantai Puger Jember Indonesia

Pantai Puger, Tempat Wisata Eksotis dan Berburu Ikan Segar

13 Tips Memakai Lipstik Agar Cantik Tahan Lama