7 Makanan Lezat Indonesia yang Mendunia versi CNN

0
idrliga FREE CHIPS BUAT 1000 MEMBER BARU

Membicarakan soal makanan memang menyenangkan. Karena hanya makanan yang mampu membuat orang bahagia dan tidak marah-marah lantaran perut telah terisi. Makanan pun memiliki berbagai macam aneka yang membuatmu mungkin bingung.

Terutama jika di Indonesia, ada banyak sekali masakan khas Nusantara yang luar biasa. Tak hanya membuat Pribumi jatuh cinta, masakan-masakan Indonesia juga kerap kali menarik perhatian wisatawan mancanegara. Paduan rempah-rempah yang khas dan selera Nusantara membuat para bule itu kembali lagi ke Indonesia.

Bahkan CNN sampai memilih beberapa masakan Indonesia yang dinilai begitu luar biasa dan sangat menggiurkan. Apa saja sih masakan Indonesia yang sudah mendunia? berikut7 Makanan Lezat Indonesia yang Mendunia versi CNN dikutip kapanlagi:

7. Nasi Uduk

Nasi Uduk

lihat.co.id-Adakah di antara kamu yang bisa menolak kelezatan nasi uduk? Kalau kamu tak bisa maka tak akan ada yang menyalahkanmu. Nasi uduk mungkin adalah salah satu jenis olahan nasi paling unik yang ada di dunia. Rasanya gurih karena dimasak dengan sate.

Untuk penyajiannya, nasi uduk selalu diberi taburan bawang goreng dan lezat dinikmati entah dengan sayuran atau lauk goreng. Sungguh tak tertahankan dan luar biasa menyenangkan. Kendati di Singapura dan Malaysia ada yang namanya nasi lemak, sepertinya nasi uduk patut berbangga karena lebih enak.

6. Gado-Gado

Gado-Gado

lihat.co.id-Kalau orang luar negeri mengenal yang namanya salad, Indonesia juga punya salad tradisional yang sangat menggambarkan mereka bernama gado-gado. Seperti sate yang mendunia, gado-gado juga memakai bumbu kacang super manis yang membuat semua orang jatuh cinta. Dikenal sebagai makanan khas sarapan, gado-gado menawarkan makanan sehat yang sangat lezat.

Ada wortel, sayur, lontong, telor, tahu, dan tentunya krupuk emping serta sedikit sambal, membuat gado-gado semakin populer dan hits sebagai masakan khas Indonesia. Kamu pun tak susah menemukannya karena dijual mulai di PKL pinggir jalan sampai hotel berbintang.

5. Nasi Goreng

Nasi Goreng

lihat.co.id-Inilah hidangan nasional Indonesia. Akuilah, rasa-rasanya seluruh orang Indonesia sudah pernah memakan nasi goreng kendati hanya sekali seumur hidup mereka. Saking merakyatnya nasi goreng, kamu bisa menemukannya dengan harga murah di pinggiran jalan atau harga mahal di hotel-hotel berbintang.

Hampir seluruh selebritis luar negeri yang ke Indonesia dan mencicipi nasi goreng, selalu terpikat dengan rasanya. Nasi goreng khas Indonesia memang unik. Dimasak dengan bumbu bawang merah dan bawang putih,

nasi digoreng dengan campuran minyak bumbu, saos dan kecap. Membuat makanan favorit banyak orang ini terasa begitu membahagiakan. Dipadukan dengan bawang goreng, telor dan timun acar. Siapa yang mulai merasa lapar?

4. Soto

Soto

lihat.co.id-Soto adalah pembuktian bahwa Indonesia memang negara yang sangat kaya rempah-rempah. Mulai dari sabang sampai merauke, jenis soto yang ada berbeda-beda. Hanya saja ciri khas soto sebagai masakan semacam sup kental yang dimasak dengan santan serta diberi daging dan berbagai rempah menggoda lidah, selalu sama. Kamu tentu mengenal yang namanya soto daging, soto ayam, soto Lamongan, soto Betawi dan lainnya. Diberi taburan bawang goreng segar di atasnya dan krupuk, ah, siapa yang bisa menolak soto?

3. Bakso Sapi

Bakso Sapi

lihat.co.id-Ah, bakso, bakso. Ini adalah makanan favorit hampir seluruh generasi muda Indonesia. Tebak saja, mulai pelajar SD sampai mahasiswa, mereka pasti tak akan menolak jika diajak makan bakso. Apalagi jika makan bakso di saat cuaca dingin, hujan turun dan disantap dengan kuah yang pedas. Tak akan ada yang bisa menolaknya.

Sama seperti sate ayam, bakso juga menjadi salah satu makanan Indonesia favorit Obama. Kamu tentu sangat senang memakan bola-bola yang terbuat dari daging sapi empuk, dicampur dengan mie putih atau kuning serta siomay. Kuahnya yang segar membuat masakan khas kota Malang ini sangat diidolakan.

2. Sate Ayam

Sate Ayam

lihat.co.id-Asap dan bau bakar sate ayam saja mampu membuat manusia manapun menjadi lapar saat menciumnya. Dan itulah ciri khas sate yang tak bisa ditemukan di manapun. Rasa daging matang yang sedikit terbakar, dicampur dengan bumbu kacang manis serta diberi taburan bawang dan sedikit tambahan sambal, membuat sate menjadi masakan Indonesia yang tak bisa ditolak.

Lihat saja bagaimana Presiden Amerika Serikat, Obama, yang kebetulan pernah tinggal di Indonesia masih ingat dengan yang namanya sate ayam. Orang Indonesia tentu tahu bagaimana abang penjual sate berjalan di sekitar kompleks menawarkan jualannya sambil berteriak

tee, sateeeeeeee….’ Kendati banyak negara di Asia turut mengklaim sate sebagai makanan khas mereka, Indonesia membuktikan kuliner sate mereka yang paling otentik, lezat dan beragam serta bisa ditemui di mana saja.

1. Sambal

Sambal

lihat.co.id-Inilah jenis makanan yang menjadi hampir selalu ada dalam beragam masakan khas Indonesia. Namanya sambal dan secara teknis adalah semacam saos yang terbuat dari cabe dengan beberapa rempah lain seperti garam, gula dan terasi. Semua orang sudah pasti sadar dan paham kalau sambal adalah ciri khas Indonesia.

Ada yang bilang, sambal saja mampu membuat krupuk atau sepiring nasi hangat menjadi istimewa dan mengenyangkan. Daya tariknya yang dimakan akan merasakan sensasi pedas di lidah

justru membuat sambal memiliki banyak penggemar. Jenis sambal di Indonesia pun beragam, mulai dari sambal mangga muda, durian, jamur sampai bawang dan ikan teri. Kamu suka jenis sambal mana nih?