Home » » 10 Film Hollywood dengan Dana Pembuatan Termahal di Dunia

10 Film Hollywood dengan Dana Pembuatan Termahal di Dunia

10 Film Hollywood dengan Dana Pembuatan Termahal di Dunia
Parade film musim panas akan segera berakhir. Para penonton, baik yang ada di Amerika Serikat, dan seluruh dunia telah disuguhi judul-judul film bombastis seperti IRON MAN 3, FAST AND FURIOUS 6, MAN OF STEEL, STAR TREK INTO DARKNESS, WORLD WAR Z, serta yang akan tayang nanti adalah THE WOLVERINE dan PACIFIC RIM.

Film-film musim panas slealu hadir dengan suguhan mewah dan megah baik dari cerita, aksi, maupun visualisasinya. Tak heran bila pada mulanya para produser harus rela merogoh dompet dan menguras semua modal yang dimilikinya untuk kemudian bertaruh sepenuhnya kepada film blockbuster tersebut. Laris atau tidak itu nanti, yang pasti film-film ini dibuat dengan dana yang sangat mahal!Berikut 10 Film Hollywood dengan Dana Pembuatan Termahal di Dunia,dikutip dari Kapanlagi:

1. PIRATES OF CARIBBEAN: AT WORLD'S END (2007)
Biaya: USD 332 juta
PIRATES OF CARIBBEAN: AT WORLD'S END (2007)
Disney menguras brankas mereka untuk menggarap kisah ketiga dalam trilogi PIRATES OF CARIBBEAN. Proses produksi yang juga sempat diwarnai kendala ini toh akhirnya terbayar dengan pemasukan sebanyak USD 960 juta dari penjualan tiket di seluruh dunia.

2. TITANIC (1997)
Biaya: USD 286 juta
TITANIC (1997)
Film epik romantis garapan James Cameron ini mulanya dihantui dengan pemberitaan yang negatif. Seiring dengan perilisan filmnya, TITANIC menjadi film terlaris sepanjang sejarah di tahun 1998 dan merampok ajang penghargaan Oscar kala itu.

3. SPIDER-MAN 3 (2007)
Biaya: USD 286 juta
SPIDER-MAN 3 (2007)
Sony Pictures tak bakal ragu mengucurkan dana ratusan juta untuk judul SPIDER-MAN. Pasalnya mereka pasti akan mendapat modalnya kembali plus laba. Tiga film garapan Sam Raimi nyatanya belum cukup memuaskan. Sony menggarap 4 film reboot SPIDER-MAN dengan bintangnya Andrew Garfield.

4. TANGLED (2010)
Biaya: USD 274 juta
TANGLED (2010)
Tidak seperti film AVATAR atau THE AVENGERS yang memang sudah diprediksi akan mengeluarkan banyak biaya, film animasi TANGLED secara mengejtkan menyita dana ratusan juta dollar. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan filmnya sempat terhenti dan diulang. Hal tersebut membuat Disney harus mengeluarkan dana lebih.

5. HARRY POTTER AND THE HALF BLOOD PRINCE (2009)
Biaya: USD 268 juta
HARRY POTTER AND THE HALF BLOOD PRINCE (2009)
Warner Bros berusaha maksimal untuk menggarap seri HARRY POTTER. Terbukti bahwa dana studio sebagian besar dialokasikan untuk film tersebut. Seri keenam, HALF BLOOD PRINCE menjadi film yang paling banyak menghabiskan uang. Terlepas dari kritik akan kualitas filmnya, seri keenam ini berhasil mengumpulkan uang USD 394 juta hanya dalam waktu lima hari saja.

6. WATERWORLD (1995)
WATERWORLD (1995)
Kevin Coster adalah sosok aktor yang selalu laris secara komersil dan jauh dari kritikan sepanjang karirnya. Namun kekuatannya tersebut memudar sejak ia membintangi film petualangan satu ini. Pada tahun pembuatannya tersebut, film ini menjadi film berbiaya pembuatan termahal. Sayang pemasukan yang didapat tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

7. PIRATES OF CARIBBEAN: DEAD MAN'S CHEST (2006)
Biaya: 256 juta
PIRATES OF CARIBBEAN: DEAD MAN'S CHEST (2006)
Disney seperti melihat tambang emas saat film PIRATES OF CARIBBEAN: THE CURSE OF BLACK PEARL sukses meraup dollar. Oleh karenanya mereka langsung menggelontorkan dana untuk menggarap film kedua dan ketiga. Total biaya yang mereka gelontorkan untuk dua film lanjutannya adalah USD 450 juta.

8. AVATAR (2009)
Film: USD 254 juta
AVATAR (2009)
Format 3D dan juga teknologi terbaru CGI bukanlah barang murah. James Cameron sadar benar akan hal tersebut saat mengerjakan AVATAR. Kendati pada awalnya mendapat respon beragam, film ini menjadi film terlaris sepanjang masa dengan perolehan USD 2,78 miliar di seluruh dunia.

9. JOHN CARTER (2012)
Biaya:  USD 250 juta
JOHN CARTER (2012)
Film yang digadang menjadi blockbuster Disney ini jeblok dalam peredarannya di pasaran karena pemberitaan negatif bahkan sebelum filmnya dirilis. Materi karangan Edgar Rice Burroughs ini sudah dibanding-bandingkan dengan STAR WARS dan AVATAR. Akibatnya para penonton seakan tak terpukau dengan detil dunia fantasi serta petualangan yang dihadirkan.

10. KING KONG (2005)
Biaya: USD 243 juta
KING KONG (2005)
Menyewa Peter Jakson berarti mengambil risiko bahwa dana untuk pembuatan film akan membengkak. Pasalnya, Jackson tak pernah main-main dalam menggarap sebuah film, lihat buktinya dalam THE LORD OF THE RINGS. Jakson pun akhirnya sukses menggarap kembali film fiksi ilmiah era 30-an dan menjadi hit di tahun 2005. Taruhan, dana terbesar pastilah untuk efek visual sang King Kong yang begitu halus.
Berita Terbaru :
logo-bawahCopyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved