Home » » 5 Fakta Pesawat Ulang Alik Terbaru Milik NASA

5 Fakta Pesawat Ulang Alik Terbaru Milik NASA

5 Fakta Pesawat Ulang Alik Terbaru Milik NASA - Pesawat ulang alik terbaru milik NASA siap diterbangkan pada September 2014. Sementara pesawat ulang alik Endeavor telah paripurna dan mendarat di California Science Center Pesawat ulang alik terbang secara vertikal dan biasanya membawa 3 - 5 astronot, bahkan pernah mengangkut 8 astronot.
Kapasitasnya dalam kondisi darurat cukup sampai 11 astronot dan mampu membawa muatan sampai seberat 22.700 kg. Berencana melihat langsung pesawat ulang alik ini di California Science Center? Intip dulu yuk 5 Fakta Pesawat Ulang Alik Terbaru Milik NASA seperti dirangkum kapanlag dan lihat.co.id:
 
1. Top Speed: 28.000 kilometer per jam
[lihat.co.id] - Dengan kecepatan 28.000 kilometer per jam, astronot di dalam pesawat ulang alik dapat melihat matarhari terbit atau terbenam setiap 45 menit. Bayangkan betapa cepatnya! Tapi tentu belum mengalahkan kecepatan cahaya.

2. Pesawat Ulang Alik = Laboratorium
[lihat.co.id] - Ketika pesawat ulang alik NASA diluncurkan ke orbit, mereka tidak hanya membawa astronot dan perbekalan saja. Ada sekitar 22 jenis laboratorium yang dibawanya. Selama 30 tahun penerbangannya, pesawat ini pernah membawa objek aneh untuk diteliti di laboratoriumnya. Benda-benda yang tidak lazim dibawa antara lain obor olimpiade, batu dari gunung Everest, ada juga beberapa kaleng minuman bersoda. Apakah ada sepotong pizza untuk dinikmati bersama minuman itu?

3. Jumlah Jarak Jelajah = 1,3x Jarak Bumi - Jupiter
[lihat.co.id] - Pesawat ulang alik milik NASA yang pertama adalah Columbia telah melakukan 28 kali penerbangan. Challenger telah melakukan 9 misi penerbangan sebelum hancur tahun 1986. Hingga Juli 2005, Discovery telah terbang sebanyak 31 kali. Atlantis pesawat keempat menghabiskan 220,40 hari di angkasa dengan 27 kali penerbangan.

Bila dijumlahkan dengan pesawat ulang aliknya yang terakhir, Endeavour, jumlah jarak jelajahnya adalah 826.700.000 kilometer atau setara dengan 1.3x jarak Bumi dan Jupiter  Setiap pesawat ulang alik telah menjelajah lebih jauh dari jarak bumi dan matahari. Kecuali Challenger

4. Berat Pesawat Ulang Alik Pertama = 13 Gajah Afrika
[lihat.co.id] - Berat pesawat ulang alik NASA pertama yang bernama Columbia sekitar 80.700 kilogram atau setara dengan berat 13 gajah Afrika Saat itu NASA masih mencari material yang tepat untuk pesawat ulang aliknya. Berat pesawat ulang alik terakhir, Endeavour sendiri sekitar 77 ton atau 77000 kilogram. Setara dengan 11 gajah Afrika? Coba hitung.


5. Hanya Satu Presiden
[lihat.co.id] - Melihat langsung pesawat ulang alik adalah kesempatan langka. Hanya satu presiden Amerika Serikat yang menyaksikan secara langsung pesawat ruang angkasa diluncurkan atau kembali pulang. Presidan Bill Clinton bersama istrinya Hillary Clinton, menyaksikan astronot Merkurius kembali ke base pada tanggal 29 Oktober 1998 dari Kennedy Space Center, di Florida Sayang, niat Presiden Obama untuk menyaksikan Endeavour lepas landas gagal karena peluncurannya pada tanggal 29 April 2011 ditunda.
Berita Terbaru :

close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved