Home » » 5 Jendral yang Siap menjadi Calon Presiden 2014

5 Jendral yang Siap menjadi Calon Presiden 2014

[lihat.co.id] - Pilpres masih setahun lagi, namun sejumlah purnawirawan jenderal TNI telah menyatakan siap nyapres. Siapa saja mereka?

Setidaknya ada 5 nama purnawirawan jenderal TNI yang sudah pelan-pelan menyatakan kesiapan menjadi RI-1. Tentu mereka akan nyapres jika didukung rakyat dan dilirik parpol.

Siapa saja mereka? Inilah 5 purnawirawan jenderal TNI yang telah memberi sinyal dan siap menjadi capres jika didukung rakyat di 2014,dikutip dari News.detik:

1. Prabowo Subianto

[lihat.co.id] - "Kalau tidak ada dukungan dari rakyat, ya ke-ge-er-an namanya. Pulang saja ke rumah. Kalau didukung, saya siap maju," tegas Prabowo Subianto yang juga capres Partai Gerindra, dalam kampanye pasangan Hadi Prabowo - Don Murdono sebagai kontestan Pilgub Jateng. Kampanye berlangsung di GOR Manahan, Surakarta, Senin (20/5/2013).

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini sudah dipastikan akan berlaga di Pilpres 2014. Sampai saat ini Prabowo bersama Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo masih memuncaki sejumlah survei capres yang digelar beragam lembaga survei.

Pilpres 2014 adalah Pilpres kedua bagi Prabowo. Pada Pemilu 2009 lalu Prabowo mendampingi capres PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai cawapresnya.

Prabowo yang bernama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Saat ini Prabowo berusia 60 tahun. Pangkat terakhir Prabowo di TNI sebagai Letnan Jenderal (Purn). Prabowo adalah mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi.

2. Djoko Santoso

[lihat.co.id] - Mantan Panglima TNI Djoko Santoso siap maju menjadi calon presiden 2014. Dia berjanji akan memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Saya serahkan kepada Tuhan. Insya Allah, jika dikehendaki oleh rakyat ya, saat ini di sini kita berkumpul untuk bangsa dan negara. Saat ini yang bisa kita lakukan hanya mengevaluasi dan menata dengan sebaik-baiknya," kata Djoko dalam jumpa pers untuk mengumumkan kesiapannya sebagai capres, di Gedung Elnusa, Jl TB Simatupang, Jaksel, Jumat (24/5/2013) siang.

Djoko akan mengevaluasi kebijakan pemimpin terdahulu. Bila ada yang sudah sukses, maka wajib diteruskan. Sebaliknya, langkah yang kurang, perlu untuk diperbaiki.

Meski siap maju jadi capres, Djoko tak mau bicara soal partai pengusung. Pria kelahiran Solo, 8 September 1952 ini masih sibuk melakukan konsolidasi. Tak lupa, dia juga aktif membentuk kesekretariatan dan bakti sosial. Namun Djoko mengaku belum punya cukup modal untuk nyapres.

"Insya Allah kalau Tuhan mengizinkan saya akan maju. Wong partai nggak punya, duit nggak punya malah ditanya-tanya," ucap Djoko saat ditanya soal modalnya maju jadi capres.

3. Pramono Edhie Wibowo

[lihat.co.id] - Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo baru memasuki usia pensiun pada 5 Mei 2013 lalu. Posisi Pramono sebagai KSAD juga telah digantikan oleh Wakil KSAD, Letnan Jenderal Moeldoko. Setelah pensiun, Pramono menunjukkan ketertarikan ke dunia politik.

Pramono Edhie yang lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 5 Mei 1955 ini saat ini sudah berusia 57 tahun. Meskipun tak secara tegas menyatakan kesiapan nyapres, namun Pramono tak menampik menunggu pinangan parpol.

"Syukur Alhamdulillah kalau ditawari lebih bagus, daripada tidak diterima, kan begitu. Pada dasarnya kalau ditawari lebih bagus. Perkara nanti cocok atau tidak cocok saya harus mengukur diri, harus diukur, cocok nggak ini," ujar Pramono usai jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5/2013).

4. Wiranto

[lihat.co.id] - Ketua Umum Partai Hanura Wiranto yang dijagokan Hanura berlaga di Pilpres 2014 mulai muncul di berbagai televisi. Wiranto mulai 'serangan udara' dengan tema <i>hati nurani bisa dipercaya</i>. Wiranto mengkampanyekan partainya yang bebas dari korupsi.

Partai Hanura saat ini sedang mencari-cari kandidat cawapres untuk Wiranto, namun pencapresan Wiranto sangat tergantung kesuksesan Partai Hanura di Pileg 2014.

Sebelum di Hanura, Wiranto adalah tokoh senior Partai Golkar. Di Pilpres 2009 lalu Wiranto mendampingi Jusuf Kalla sebagai cawapresnya.

Wiranto dilahirkan di Yogyakarta pada 4 April 1947. Usia Wiranto saat ini 65 tahun.

Wiranto adalah purnawirawan jenderal bintang empat di TNI. Jenderal (Purn) Wiranto pernah menjabat Panglima TNI periode 1998-1999.

5. Endriartono Sutarto

[lihat.co.id] - "Kalau rakyat menghendaki ya apa boleh buat, saya harus siap," kata Endriartono Sutarto kepada detikcom, Jumat (3/5/2013).

Kabar majunya Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto ke Pilpres 2014 mencuat seiring masuknya Sutarto ke Partai Nasional Demokrat. Selama menjabat sebagai Panglima TNI, Endriartono dikenal tegas dan berintegritas. NasDem merekrut Endriartono untuk memperkuat basis. Namun pencapresan Endriartono sangat tergantung restu bos NasDem yakni Surya Paloh.

Endriartono Sutarto lahir Purworejo, Jawa Tengah, 29 April 1947. Usia Sutarto saat ini 65 tahun. Endriartono adalah Panglima TNI periode 2002-2006, sebelum digantikan oleh Djoko Suyanto.

Sejak pensiun dari Panglima TNI, Endriartono berjuang bersama LSM antikorupsi untuk mendukung penguatan KPK.
Berita Terbaru :
logo-bawahCopyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved