Home » » 5 Lokasi Wisata Terkenal di Aceh

5 Lokasi Wisata Terkenal di Aceh

[lihat.co.id] -Selain Sumatera Utara dan Sumatera Barat, di Pulau Sumatera juga ada Aceh yang asyik untuk tempat berlibur. Traveler yang sudah atau ingin pergi ke Provinsi Aceh punya incaran destinasi sendiri. Inilah 5 destinasi terfavoritnya.

Berjuluk sebagai Serambi Makkah, Aceh punya pesona yang memukau. 
Banyak destinasi seru dan menarik yang tersebar di setiap pelosok Aceh. 

Sejak Selasasampai Rabu  menggelar survei melalui Twitter kepada d'Traveler tentang destinasi di Aceh yang jadi favorit mereka saat berlibur. Dari respon yang beragam, berikut 5 Lokasi Wisata Terkenal di Aceh
 
1. Pulau Weh (45,2 persen)
[lihat.co.id] -Menjadi pulau paling barat Indonesia, menjadikan Pulau Weh dilirik banyak wisatawan. Tidak heran bila pulau ini menempati posisi pertama sebagai destinasi yang difavoritkan traveler saat berlibur ke Aceh. 45,2 Persen, wow! Saat pergi ke Pulau Weh, banyak traveler yang mengincar Tugu Nol Kilometer.

Kota Sabang adalah destinasi utama di Pulau Weh. Sebagai kota terbesar di pulau ini, Kota Sabang pun terbagi menjadi Kota Atas dan Kota Bawah. Selain Kota Sabang dan Tugu Nol Kilometer, masih ada destinasi keren lainnya yang ada di Pulau Weh. Mulai dari pantai, air terjun, sampai pemandian air panas ada di sini.

Untuk wisata pantai, Pulau Weh menyediakan banyak pilihan. Tak jauh dari Pelabuhan Balohan terdapat Pantai Anoi Itam. Bila Anda ingin snorkeling atau diving silakan menuju Pantai Gapang atau pergi ke Pantai Sumur Tiga. Tak jauh dari Gapang, ada Pantai Iboih dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Dari Pantai Iboih, traveler bisa menuju Pulau Rubiah. Selain destinasi-destinasi tersebut, di sana masih ada Danau Aneuk Laot, air terjun Pria Laot, Monkey Road, dan pemandian air panas Keuneukal. Jadi, mana yang mau Anda pilih?
 
2. Museum Tsunami Aceh (8,7 persen)
[lihat.co.id] -Bangunan megah nan modern jelas terpampang jelas sebagai bentuk fisik Museum Tsunami Aceh di Jalan Iskandar Muda, Banda Aceh. Namun, di balik desainnya yang 'wah', gedung 3 lantai ini menyimpan berbagai kenangan saat bencana tsunami meluluhlantahkan Aceh pada tahun 2004 silam.

Di dekat pintu masuk museum terpajang helikopter milik Polda Aceh yang rusak parah akibt tsunami. Saat melewati lorong museum, traveler akan dikejutkan dengan suara jerit kepedihan, suasana gelap, dan air yang mengucur deras dari tembok.

Memasuki bagian dalam museum, tempat pertama yang bisa traveler lihat adalah Memorial Hall. Di sebelah Memorial Hall terdapat ruang doa bernama The Light of God. Kemudian, di lantai dua museum ada cafe dan ruang dokumentasi. Sedangkan di lantai tiga, terdapat ruang multimedia.

3. Masjid Raya Baiturrahman (7 persen)
[lihat.co.id] -Traveler mana yang tidak tahu dengan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh? Menjadi ikon yang sangat melekat dengan Aceh, membuat masjid ini tersohor. Terlebih, masjid ini tetap berdiri kokoh setelah diterjang tsunami 9 tahun silam.

Luasnya mencapai empat hektar dengan tujuh kubah, empat menara, dan satu menara induk, menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Di halaman depan masjid terdapat sebuah kolam besar dan pohon kurma.

Saat berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman, pastikan Anda memakai pakaian sopan. Bagi traveler pria bisa memakai celana panjang dan traveler wanita memakai jilbab dan baju tertutup.

4. Pantai Iboih (7 Persen)
[lihat.co.id] -Meski masuk dalam wilayah Pulau Weh, ternyata Pantai Iboih punya penggemar tersendiri. Buktinya, pantai berpasir putih ini berhasil menempati posisi keempat sebagai destinasi terfavorit traveler.

Perairannya yang jernih, menjadikan Iboih sebagai tempat asyik untuk snorkeling. Saat senja menjelang panorama sekitar pantai semakin cantik dengan cahaya keemasan matahari.

Traveler bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat bermalam. Ya, di sekitar Pantai Iboih sudah terdapat banyak penginapan. Jadi, silakan pilih sesuai bujet yang Anda miliki!
 

5. Taman Nasional Gunung Leuser (5,2 persen)
[lihat.co.id] -Bicara tentang alam, Aceh punya sebuah destinasi alam yang lengkap. Taman Nasional gunung Leuser namanya. Mulai dari alam yang serba hijau sampai sungai dengan jeram yang menantang ada di taman nasional ini.

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki luas hingga 1.094.692 hektar dan terletak di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Traveler bisa trekking menjelajah setiap detil Taman Nasional Gunung Leuser.

Saat berada di taman nasional ini, jangan lewatkan untuk melihat habitat orangutan. Puas melihat tingkah lucu orangutan, Anda bisa uji adrenalin menantang jeram di Sungai Alas. Bila Anda bertualang bersama pujaan hati, cobalah mampir ke Bukit Cinta. Romantis!
Berita Terbaru :
close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved