Home » » 10 Penyebab Utama Hipertensi

10 Penyebab Utama Hipertensi

[lihat.co.id] - Penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Penyakit ini bisa mengancam nyawa Anda. Sebelum Anda terserang penyakit ini sebaiknya Anda mulai mencegahnya sejak dini.

Jangan tunggu hingga usia tua baru melakukan pencegahan. Anda yang berusia muda juga bisa terserang hipertensi jika tidak memperhatikan gaya hidup. Berikut 10 penyebab utama hipertensi dari Dr. Sharukh Golwala, kardiolog di Breach Candy Hospital, Mumbai, dilansir healthmeup dan Merdeka:

1. Usia
[lihat.co.id] - Semakin tua Anda semakin besar kemungkinan mempunyai tekanan darah tinggi. Orang tua memiliki risiko darah tinggi karena pengerasan arteri. Anda tidak bisa mengharapkan tekanan darah bisa sama saat muda dulu. Jadi Anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup Anda.

2. Keturunan
[lihat.co.id] - Tidak hanya warna kulit, ciri fisik yang bisa diwariskan dari orang tua pada anak. Penyakit juga demikian. Jika ada riwayat keluarga berkolesterol tinggi, maka Anda harus waspada. Segera tanyakan pada keluarga Anda, apakah ada yang memiliki penyakit hipertensi.

3. Gender
[lihat.co.id] - Bagi para pria, berhati-hatilah! Dr Golwala mengatakan - laki-laki memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan tekanan darah tinggi daripada wanita. Hal ini bukan berarti wanita tidak perlu khawatir, Anda juga berada pada risiko yang tinggi pula. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yang sama. Jadi perhatikan gaya hidup dan kebiasaan makan Anda.

4. Obesitas
[lihat.co.id] - Obesitas bisa menjadi salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi, tetapi hal ini bervariasi pada tiap individu. Orang yang memiliki penyimpanan lemak di sekitar perut mereka, pinggul dan paha juga pada risiko terkena tekanan darah tinggi. Maka dari itu jaga berat badan Anda dalam batasan normal.

5. Terlalu banyak garam
[lihat.co.id] - Beberapa orang sensitif terhadap garam atau sodium intake, yang membuat tekanan darah mereka meningkat. Jika Anda sensitif terhadap garam, maka satu-satunya pilihan untuk tetap aman adalah dengan mengurangi asupan garam. Harap berhati-hati saat menggunakan garam dalam makanan Anda, dan baca label sebelum mengolah makanan. Makanan cepat saji memiliki tingkat garam yang besar di dalamnya, jadi hindari makanan tersebut demi kesehatan Anda.

6. Konsumsi alkohol
[lihat.co.id] - Konsumsi alkohol sangat buruk bagi kesehatan Anda. Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan kolesterol jahat yang berpotensi meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol untuk menjaga tekanan darah Anda normal.

7. Stres
[lihat.co.id] - Rasa tegang atau tertekan ketika di kantor bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Selain itu kondisi emosi yang tidak stabil memicu hipertensi. Maka tetap lah tenang dan  rileks diri sendiri. Stres dalam pekerjaan merupakan salah satu hal  terburuk bagi kesehatan Anda.

8. Kontrasepsi
[lihat.co.id] - Dalam penelitian terbaru, tercatat bahwa konsumsi secara teratur pil KB atau kontrasepsi oral memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Sebaiknya konsultasikan diri Anda pada dokter sebelum mengonsumsi kontrasepsi.

9. Kurang gerak
[lihat.co.id] - Menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk santai di sofa tidak hanya akan memperluas garis pinggang Anda, tetapi juga akan meningkatkan risiko tinggi terkena tekanan darah tinggi. Bekerja di kantor, dan terus menerus duduk, ditambah lagi kurangnya olahraga, akan cenderung meningkatkan resiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Jadi luangkan waktu untuk berolahraga ketika Anda di rumah.

10. Terlalu banyak konsumsi obat
[lihat.co.id] - Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati gejala pilek atau alergi dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat apapun dan memberitahukan kepadanya tentang sejarah medis Anda untuk menghindari komplikasi.

Penyakit hipertensi bisa menyerang siapapun. Untuk itu sebaiknya Anda mulai merubah gaya hidup sehat agar terhindar dari tekanan darah tinggi.
Berita Terbaru :
close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved