Home » » 8 Wajah Baru Daftar Orang Indonesia Terkaya di Dunia 2013

8 Wajah Baru Daftar Orang Indonesia Terkaya di Dunia 2013

[lihat.co.id] - Forbes baru saja merilis sekitar 1.400 orang terkaya di dunia. Meski konglomerat telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim masih memimpin sebagai orang paling kaya sejagat, ada beberapa kejutan dalam daftar tersebut.

Forbes menyebutkan, terdapat 10 nama baru dari China dalam daftar penguasa pundi-pundi uang sejagat tersebut. Forbes mengklaim bahwa angka orang kaya baru dari China tersebut terbesar dibandingkan negara-negara lain.

Namun, tak jauh beda dengan Indonesia. Tahun ini, terdapat delapan wajah baru yang menghiasi daftar orang paling kaya sejagat itu. Tahun lalu, hanya 17 orang yang masuk dalam daftar tersebut, sementara tahun ini terdapat 25 orang.

Berikut nama-nama wajah baru yang masuk dalam daftar Forbes tersebut beserta seklumit cerita dari konglomerat-konglomerat tersebut yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Ciputra
[lihat.co.id] - Taipan properti Ciputra tahun ini masuk dalam daftar miliuner dunia setelah tahun kemarin asetnya meningkat menjadi USD 1,17 miliar. Kini, Ciputra masuk dalam peringkat 947 dengan aset yang USD 1,5 miliar pada tahun 2013.

Pria yang lahir tahun 1931 ini terkenal sebagai taipan properti yang sukses sejak zaman orde baru. Pria lulusan ITB ini mengaku memulai usahanya tanpa modal hingga kini memiliki banyak aset properti di Jakarta.

2. Sjamsul Nursalim
[lihat.co.id] - Taipan yang terkenal dengan sebutan debitor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) ini ternyata masuk daftar orang paling kaya di dunia. Tahun ini dia menempati posisi 1175 dunia dan nomor 23 di Indonesia dengan nilai kekayaan USD 1,2 miliar.

Pemilik pabrik ban Gadjah Tunggal ini diakui kurang beruntung dalam bisnis ban untuk tahun ini. Namun, kepemilikannya di Mitra Adiperkasa yang memiliki lisensi Burger King, Starbucks dan Zara meningkat tajam.

Meskipun begitu, Sjamsul telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi BLBI oleh Kejaksaan Agung. Dia diduga merugikan negara lebih dari Rp 6 triliun dari dana BLBI yang tidak dikembalikan. Dia mendapatkan BLBI melalui Bank Dagang Negara Indonesia.

3. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono
[lihat.co.id] - Satu lagi konglomerat yang kaya dari usaha kelapa sawitnya. Dalam usia 84 tahun, Lim telah mengantongi harta sebesar USD 1,1 miliar dengan posisi 1.269 dalam daftar orang terkaya dunia dan nomor 30 di Indonesia.

Karir Lim memang tidak mulus. Ayahnya adalah perantau dari Fujian ke Kalimantan ketika provinsi di China itu bersitegang dengan komunis. Dia di Kalimantan kerja serabutan dari kuli hingga pedagang.

Tahun 1915, ayah Lim mendirikan toko kelontong. Dari toko kelontong itulah Lim mengelola dengan gigih warisan dari ayahnya dan dikembangkan dari kelapa sawit hingga properti.

4. Benny Subianto
[lihat.co.id] - Pria berumur 70 tahun ini sukses menjadi salah satu orang terkaya di dunia melalui bisnis batu baranya. Tahun ini, dia menempati posisi 1.268 di daftar orang terkaya di dunia dan 31 di Indonesia dengan kekayaan USD 1,1 miliar.

Alumni ITB ini kembali masuk dalam daftar orang terkaya dunia setelah menghilang pada tahun 2012 lalu. Dia adalah salah satu pemegang saham mayoritas di Adaro Energy. Meskipun pendapatan dari batu bara tidak terlalu tinggi akibat harga komoditas tersebut rendah, namun pendapatan dia dari perusahaan yang lain seperti kelapa sawit Triputra Agro Persada dan pabrik karet Kirana Megatara membuat kekayaannya bertambah.

5. Soegiarto Adikoesoemo
[lihat.co.id] - Konglomerat asal Jawa timur ini masuk pada peringkat ke 1.342 dalam jajaran orang terkaya dunia tahun ini dan nomor 25 dalam 40 orang terkaya di Indonesia.

Bos AKR Corporindo ini berhasil memiliki kekayaan sebesar USD 1 miliar. AKR Corporindo adalah salah satu distributor BBM bersubsidi di Indonesia. Pada awalnya, AKR mulai dibuka di Surabaya, Jawa Timur. Setelah itu, perusahaan ini masuk dalam Bursa Efek Indonesia 1994.

Sebagai pecinta seni, Soegiarto memberikan 2 persen dari laba AKR untuk seniman lokal, sebagian besar adalah pelukis.

6. Santosa Handojo
[lihat.co.id] - Berkat bisnisnya di pakan ternak, Japfa Comfeed, Santosa berhasil menduduki peringkat 1.342 dalam daftar orang paling kaya di dunia. Lahir tahun 1964, Santosa dikenal sebagai pribadi yang terbuka dan mudah bergaul.

Japfa adalah perusahaan yang dia warisi dari ayahnya, Teguh Santosa. Di bawah kepemimpinan Handojo yang dimulai 1998, perusahaan tersebut terus berkembang.

7. Harjo Sutanto
[lihat.co.id] - Konglomerat pemilik 40 persen saham di Wings Group ini berhasil menempati peringkat 1.342 di orang terkaya sedunia dan 32 di Indonesia.

Pria yang berumur 86 ini meraup pundi-pundi uangnya melalui saham dari bisnis konsumer itu. Desember lalu, Wings Group setuju untuk bekerja sama dengan pembuat makanan ringan dari Jepang Calbee Inc dan Itochu Corporation.

8. Alexander Tedja
[lihat.co.id] - Satu lagi konglomerat dari Surabaya yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia. Tedja berhasil masuk dalam daftar tersebut di peringkat 1.342 dan nomor 36 di Indonesia.

Pria berusia 67 tahun ini memiliki banyak properti dan gedung mal. Pakuwon Group yang menguasai pasar properti di Surabaya adalah miliknya.

Saat ini propertinya telah merambah Jakarta yaitu superblok Gandaria City. anak dari Tedja, Irene, diketahui telah menikah dengan anak salah satu orang terkaya dunia, Murdaya Poo.
Berita Terbaru :
logo-bawahCopyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved