Home » » 8 Rahasia Unik di Balik Pelangi

8 Rahasia Unik di Balik Pelangi

[lihat.co.id] - Ternyata Pelangi itu punya rahasia yang menakjubkan dari zaman dahulu sampai sekarang lo..

1.HARTA KURCACI
[lihat.co.id] - Bentuk pelangi itu seperti busur, melengkung dengan sangat indah.

Orang zaman dahulu berkhayal, pelangi adalah jembatan ke negeri kurcaci. Konon, di ujung pelangi terdapat peti harta milik kurcaci. Dongeng Harta di ujung pelangi ini, diceritakan untuk menjawab misteri pelangi. Orang percaya pada dongeng ini, selama ribuan tahun lamanya. Tidak ada orang, yang bisa menjelaskan misteri pelangi dengan tepat sampai tahun 1673.
 
2.Bapak Pelangi
[lihat.co.id] - Orang yang pertama kali menjelaskan asal - usul pelangi dengan tepat ialah Pak Rene Descartes.
Beliau merupakan seorang ilmuwan Prancis. Pak Descartes menjelaskan pelangi adalah keajaiban sinar matahari dan butir - butir air udara.

3.Asal Usul Pelangi
[lihat.co.id] - Pelangi akan terjadi jika ada sinar matahari dan hujan.

Mata manusia melihat sinar matahari itu sebagai sinar berwarna putih. Warna putih sinar matahri ini, sebenarnya gabungan dari beberapa warna yang kita kenal "mejikuhibiniu".

Keajaiban pelangi ini, terjadi saat sinar matahari menembus butiran bola air hujan. Ketika menembus air hujan, sinar matahri pecah.

4.Pelangi Indah
[lihat.co.id] - Butir - butir air hujan itu ada yang kecil ada yang besar. Butir hujan yang besar berukuran sampai 2 millimeter, sedangkan yang kecil berukuran 0,01 milimeter.

Warna - warna pelangi yang indah ini akan muncul lengkap dan begus jika sinar matahari mengenai butiran air hujan yang besar.

Butir air hujan yang kecil akan menghasilkan pelangi yang tumpang tindih dan berwarna pucat.

5.Pelangi pagi sore

[lihat.co.id] - Pelangi hanya muncul di pagi atau sore hari yang cerah. Busur pelangi yang panjang juga muncul jika hujan terjadi di pagi hari dan sore hari.

Pelangi tidak akan muncul meskipun hujan dan matahari bersinar terang pada pukul 12 siang.
Pelangi muncul jika posisi matahari di belakang kita.

6.Terang Dibawah Pelangi

[lihat.co.id] - Dibawah busur pelangi, langit selalu tampak terang. Karena, sinar warna - warni pelangi kembali menjadi satu.

7.Pelangi Bulan Purnama

[lihat.co.id] - Pelangi juga dapat muncul di malam hari saat bulan purnama dan hujan.

Sinar bulan juga dapat menembus butir - butir air hujan dan jadi pelangi. Tetapi pelangi bulan tidak seindah pelangi yang dihasilkan oleh sinar matahari.

8.Pelangi Antariksa
[lihat.co.id] - Pelangi tidak hanya terjadi di planet bumi saja. Ilmuwan NASA menduga pelangi juga terjadi di Titan.

Titan adalah bulan yang mengelilingi planet Saturnus. Letak bulan Titan sangat jauh dari matahari. Oleh karena itu, pelangi di titan tampak pucat, karena disebabkan sinar matahari lebih redup disana.
Berita Terbaru :
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved