Home » » 5 Lokasi di Jakarta yang Kental dengan Kisah Urban Legend

5 Lokasi di Jakarta yang Kental dengan Kisah Urban Legend

[lihat.co.id] - Kisah urban legend terkait kisah misteri di suatu kota selalu menarik diobrolkan. Tidak terkecuali di Jakarta. Ada sejumlah lokasi di ibukota yang kental dengan cerita legenda urban, sebut saja seperti Jembatan Ancol atau Terowongan Casablanca.

"Cerita urband legend itu hanya cerita rakyat, dari mulut ke mulut yang sukar dipercaya keabsahan sumbernya," kata sejarawan Jakarta, Asep Kambali, saat berbincang dengan detikcom.

Asep mengakui, tidak sedikit orang-orang kemudian mempercayai cerita berbau mistis itu karena cerita yang terus berulang. Walau mereka tidak pernah melihat atau mengalami sendiri kisah itu.

"Sebenarnya, dari kisah itu ada pesan yang ingin disampaikan. Agar masyarakat menjaga lingkungan, jangan semena-mena. Itu pesannya, bukan soal hantu atau apa," tutur Asep.

Berdasarkan penelusuran detikcom, sedikitnya ada 5 tempat di Jakarta yang kental dengan kisah urban legend itu.

1. Jembatan Ancol
[lihat.co.id] - Jembatan Ancol ini dikenal dengan kisah 'Si Manis Jembatan Ancol'. Kisahnya pernah difilmkan dan juga jadi sinetron televisi. Melirik ke belakang, kisah 'Si Manis' itu kabarnya berlatar dari tewasnya seorang gadis bernama Ariah pada tahun 1800-an.

Sang gadis tewas di jembatan Ancol karena menolak hendak dijadikan selir seorang juragan. Ariah melompat dari atas jembatan di sekitar Danau Sunter, karena menghindari centeng utusan sang juragan. Hingga kemudian, tahun berlalu pada era 1950-1970-an banyak orang memperbincangkan soal 'Si Manis' ini. Bahkan ada yang mengaku melihat penampakan gadis cantik. 

2. Makam Jeruk Purut
[lihat.co.id] - Kisah Makam Jeruk Purut ini, juga sudah difilmkan dengan judul 'Hantu Jeruk Purut'. Kisahnya pun kemudian bertambah membesar. Urban legend di Jeruk Purut ini yakni kisah hantu tanpa kepala. Sang hantu itu kerap menampakkan diri, entah mengapa malam Jumat selalu diidentikan dengan kisah hantu itu.

Namun, seperti yang Asep Kambali sampaikan, dari kisah itu sebenarnya terkandung makna, agar warga menjaga lingkungan di pemakaman. Jangan sembarang menggunakan lingkungan pemakaman untuk hal yang tidak-tidak.

3. Kereta Hantu di Stasiun Manggarai
[lihat.co.id] - Kisah urban legend lainnya soal Stasiun Manggarai. Stasiun ini terbilang cukup tua, dibangun awal 1900-an. Tidak heran kalau kemudian muncul banyak kisah yang menyebar dari mulut ke mulut. Kisah itu tidak jauh dari soal kereta hantu.

Kisah ini pun sempat membuat heboh publik Jakarta dan sampai muncul filmnya berjudul 'Kereta Hantu Manggarai'. Tapi ya itu tadi, semua hanya kisah urban legend yang tidak terbukti.

4. Terowongan Casablanca
[lihat.co.id] - Saking ramainya cerita terowongan Casablanca ini, bahkan sampai dibuat filmnya dengan judul Terowongan Casablanca. Nah, cerita yang menyebar dari mulut ke mulut, terowongan yang dibangun di atas tanah bekas kuburan ini menyimpan sejumlah cerita yang sulit dipercaya.

Penampakan makhluk halus yang tidak jelas dari mana awalnya banyak menghiasi cerita soal terowongan ini. Bahkan sampai muncul cerita, kalau ingin melintas harus membunyikan klakson. Seperti yang dituturkan sejarawan Asep Kambali, kisah urban legend ini memang tidak jelas dari mana sumbernya. Jadi sulit dibuktikan kebenaranya.

5. Rumah Pondok Indah
[lihat.co.id] - Nah, 'Rumah Pondok Indah' muncul di era tahun 2000-an. Sebuah rumah yang berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, disebut ada seorang tukang nasi goreng yang hilang. Cerita ini sempat membuat heboh publik Jakarta.

Kala itu sebuah rumah yang dicurigai sebagai rumah angker pun sempat ramai dikunjungi warga yang bahkan sampai membuat macet. Bahkan paranormal sempat datang ke rumah di pinggir jalan itu. Tapi ya itu tadi, cerita soal pedagang nasi goreng hilang pun sebatas cerita. Tidak pernah ada keluarga pedagang yang mengaku kehilangan. Pada 2006, kisah ini difilmkan dengan judul "Rumah Pondok Indah".

Terakhir, detikcom sempat mengambil gambar rumah itu pada Oktober 2008. Bangunan rumah itu saat itu sudah dirobohkan, tinggal sisa reruntuhan serta ilalang. Tampak juga pohon pisang Ambon yang tengah berbuah di bagian depan memiliki luas tanah 970 m2 itu.

Di depan pagar bekas 'rumah hantu' itu dipasangi pengumuman dijual dan agen properti yang memasarkannya. Meski penjual mengakui bekas rumah itu berhantu, tetapi ia berani menjual Hak Guna Bangunan (HGB)-nya dengan harga jual Rp 6 miliar.

Kisah urban legend ini tentu saja boleh Anda percaya atau tidak, penilaian sepenuhnya di tangan Anda.
Berita Terbaru :
close
uangpoker
close
klikbola365
logo-bawahCopyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved