Home » » 10 Pangkalan Amerika Serikat yang Paling Misterius

10 Pangkalan Amerika Serikat yang Paling Misterius

[lihat.co.id] - Amerika Serikat memilih lokasi yang cukup tersembunyi untuk dijadikan pangkalan militer. Tak jarang, pangkalan militer itu berada di sebuah pulau terpencil, sehingga hanya bisa terlacak di Google Maps.

Hingga kini, belum jelas kenapa AS memilih lokasi-lokasi misterius itu untuk dijadikan pangkalan militer.
Yang jelas, siapa pun yang ditempatkan di sana, harus mempunyai kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Berikut:10 Pangkalan Amerika Serikat yang Paling Misterius

1. Pulau Shemya

[lihat.co.id] - Shemya Island adalah pulau yang sangat kecil. Lokasinya berada di bagian pesisir selatan Alaska. Lebar pulau itu sekitar dua mil dan panjangnya empat mil. Suhu di pulau bisa mencapai 50 derajat Fahrenheit.

Dibangun pada masa perang dingin, lokasi ini digunakan sebagai pangkalan terluar untuk mengantisipasi satelit mencurigakan dari Uni Soviet. 

Sekarang, fungsinya berubah jadi pangkalan angkatan udara AS guna memantau radar dan cuaca. Sekaligus juga pusat pengisian bahan bakar.

2. Pangkalan Udara Andersen
[lihat.co.id] - Pusat pangkalan udara ini punya peran yang signifikan saat tahun 1970-an. Di lokasi tersebut, pernah terjadi berbagai serangan militer dari lawan Amerika Serikat. Pasukan AS menjadikan pangkalan ini sebagai tempat untuk mengisi amunisi.

Lokasi pangkalan ini berada di wilayah utara Guam. 
Kini, keberadaannya hanya digunakan untuk pengisian bahan bakar dan stok amunisi.
Pangkalan ini sempat menjadi perhatian saat dijadikan lokasi pendaratan darurat pesawat luar angkasa.
 
3. Pangkalan Diego Garcia
[lihat.co.id] - Namanya memang cukup unik, Diego Garcia. Lokasi pangkalan ini berada di pulai terpencil di Samudera Hindia. 
 
Pasukan AS sudah berada di situ sejak era perang dingin. Tujuannya memang untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk bila ada masalah dengan Iran.

Saat ini, pangkalan Diego Garcia digunakan sebagai pusat amunisi bagi operasi militer di Afghanistan. Sesekali para tentara AS juga berlatih di sini.

4. Pangkalan Udara Kunsan
[lihat.co.id] - Kunsan terletak di pulau terpencil Korea Selatan. Kehadiran pangkalan ini untuk berjaga-jaga bila suasana memanas antara Korea Selatan dan Korea Utara berujung dengan perang miiter.

Pangkalan ini dibangun sejak era perang dunia kedua, namun baru dipakai ketika perang Korea. Di pangkalan ini tak ada penduduk, murni terbebas dari warga sipil. Namun pangkalan ini juga adalah pangkalan terjauh dari pangkalan militer AS lainnya.

5. Lembah Korengal Afghanistan
[lihat.co.id] - Saat menggelar operasi militer di Afghanistan, Amerika Serikat memiliki sejumlah pos militer rahasia. Sebagian ada di gurun untuk memantau pergerakan milisi Taliban. Salah satunya adalah pangkalan di Korengal.

Lokasi pangkalan ini cukup unik karena terletak dikelilingi gunung. Pangkalan ini juga menjadi lokasi yang paling sering diserang oleh musuh AS. Sedikitnya ada 40 orang tentara tewas di lokasi tersebut. 
 
6. Pine Gap
[lihat.co.id] - Dulu, pangkalan ini dibangun pertama kali oleh Australia. Namun sejak tahun 2002, pihak Amerika Serikat memanfaatkan untuk kepentingan militer dan menjadikannya stasiun pelacakan satelit.
Sebelumnya, kawasan ini juga sempat disebut-sebut sebagai 'area 51' versi Australia. 
 
Area 51 adalah sebuah daerah terisolasi di AS yang digunakan sebagai pusat pembangunan rahasia dan percobaan pesawat-pesawat tempur generasi baru. Area ini juga sangat terkenal karena diduga kuat sebagai pusat penelitian UFO.

7. Area 51
[lihat.co.id] - Seperti dijelaskan sebelumnya, area ini adalah pangkalan militer yang paling misterius milik AS. Terletak di bagian terpencil di tengah gurun Nevada, Area 51 selalu dihiasi misteri.

Area ini disebut-sebut sebagai pusat pembangunan rahasia dan percobaan pesawat - pesawat tempur generasi baru. Area ini juga sangat terkenal karena diduga kuat sebagai pusat penelitian UFO yang sampai sekarang dianggap sebagai salah satu teori konspirasi yang belum terungkap.

Namun belakangan pada tahun 2011, diketahui kalau di pangkalan ini, Amerika Serikat memeriksa sejumlah teknologi perang Uni Soviet kala perang dingin.

8. Pangkalan Udara Shamsi
[lihat.co.id] - Pangkalan ini terletak di Pakistan. Sejak dulu, tak ada yang tahu apa aktivitas resmi di pangkalan ini, bahkan Pakistan sekali pun.

Disebut-sebut pangkalan Shamsi dikuasai oleh CIA untuk menggelar berbagai operasi ilegal. Termasuk penangkapan bos Al Qaeda Osama bin Laden.

9. Pulau Wake
[lihat.co.id] - Pangkalan ini terletak di antara Honolulu dan Guam. Pulau ini sebetulnya pulau karang yang dikelilingi oleh lautan. Di tengah pulau ini pun masih ada air laut. Meski terlihat sebagai pulau indah, namun pulau ini kerap dilanda topan dan badai.

Sepanjang perang dunia kedua, pangkalan ini digunakan untuk memantau Jepang dan menjadi pemberi informasi pertama pada Pearl Harbour bila ada serangan. Namun kenyataannya, Pearl Harbour sempat diserang Jepang gara-gara pangkalan ini sudah lebih dulu dibom.

Saat ini, pangkalan militer ini nyaris tak terawat. Sejumlah batu dan bangunan tetap dibiarkan guna mengenang serangan pada tahun 1943 tersebut.

10. Pangkalan Udara Thule
[lihat.co.id] - Ini adalah pangkalan militer AS yang terletak paling utara dunia. Lokasinya berdekatan dengan kutub utara, tepatnya di utara Greenland. Sesuai namanya, pangkalan ini selalu diselimuti salju.

Tak pernah ada yang tahu apa tujuan dibentuknya pangkalan udara di lokasi ini. Dulu, pangkalan ini sempat dipakai untuk memantau pergerakan Uni Soviet, namun tak pernah jelas. Pangkalan ini pun disebut masih 'perawan'. Sementara ini, pangkalan hanya digunakan untuk pelatihan anggota baru.
Berita Terbaru :

close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved