Home » » 9 Hal Mengejutkan Tentang Negara China yang Belum Anda Ketahui

9 Hal Mengejutkan Tentang Negara China yang Belum Anda Ketahui

[lihat.co.id] - Republik Rakyat Cina (RRC) Adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina. Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina (PKC). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu.

Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Berikut 9 Hal Mengejutkan Tentang Negara China yang Belum Anda Ketahui:
 
1. Cina menghukum mati orang tiga kali lebih banyak dibandingkan semua negara lain di dunia.
[lihat.co.id] - Ada tiga kali lebih banyak orang dihukum mati di Cina dibandingkan di negara-negara lain dijadikan satu, demikian perkiraan minimal yang terbaru oleh pihak Amnesty Internasional. Badan ini di tahun 2008 mengkonfirmasi sebanyak 1.718 hukuman mati dari laporan berita dan catatan publik, tapi banyak lagi yang tidak dilaporkan. Beberapa analis mengatakan angkanya mungkin di atas 6.000. Jumlah sebenarnya dirahasiakan negara.

Eksekusinya banyak yang dilaksanakan di jalanan di dalam mobil gerbong yang dijuluki van maut hasil rancangan Jinguan Motors. Mereka menyatakan eksekusi dengan van dan suntikan lebih beradab dibandingkan ditembak mati, lagipula si terhukum mati lebih cepat, lebih secara klinik dan lebih aman. Menurut mereka digantinya hukuman tembak dengan suntikan mati menandakan Cina sekarang “mempromosikan” hak asasi manusia.


2. Lebih dari 4.000 bayi di Cina diberi nama ”Pertandingan Olimpiade” (Olympic Games) ketika negara itu sedang bersiap-siap menyelenggarakan Beijing 2008.
[lihat.co.id] - Lebih dari sekedar satu kebanggaan bagi Cina, Olimpiade Beijing menjadi bagian yang begitu penting dari kesadaran nasional hingga lebih dari 4.000 bayi diberi nama menurut perhelatan akbar itu. Sebagian besar dari 4.104 anak yang bernama ”Aoyun”, yang artinya olimpiade, dilahirkan sekitar tahun 2000 sewaktu Beijing sedang berupaya diterima menjadi tuan rumah perhelatan olahraga musim panas 2008 itu. Kebanyakan anak yang diberi nama Aoyun adalah laki-laki.

3. Setiap tahun di Cina menghabiskan 45 miliar sumpit.
[lihat.co.id] - Di Cina, setiap tahunnya, diperkirakan 45 miliar pasang sumpit dipakai dan dibuang sesudahnya. Itu sama dengan 1,7 juta m3 kayu atau 500 ribu pohon setiap tahunnya.

4. 200 juta warga Cina hidup dengan kurang dari 1 dollar per hari.
[lihat.co.id] - Yang termasuk ke dalam golongan miskin di Cina adalah warga yang penghasilannya di bawah 1,25 dollar per hari. Pada tahun 1981 angka rata-rata warga yang miskin adalah 64% dari total penduduk Cina. Angka ini turun jadi 10% di tahun 2004, berarti dalam rentang waktu 1981 – 2004 ada 500 juta warga yang berhasil keluar dari kemiskinan.

5. Lebih dari 700 juta warga Cina minum air tercemar.
[lihat.co.id] - Cina berkontribusi terhadap 20% jumlah penduduk dunia, namun hanya memiliki 7% dari sumber air dunia. Celakanya lagi, menurut World Bank, 90% air tanah perkotaan dan 75% sungai dan danau sudah tercemar. Ini berarti 700 juta warga Cina minum air tercemar setiap harinya.

6. Es krim dan pasta mungkin pertama kali diciptakan di Cina.
[lihat.co.id] - Sekitar tahun 200 sebelum Masehi di Cina sudah diciptakan semacam campuran beku susu dan beras yang jadi cikal bakal es krim. Juga di sebuah lokasi penggalian arkeologi di bagian barat Cina, diketemukan semangkuk mie berusia 4.000 tahun, yang mungungkapkan Cina mungkin lebih dulu menciptakan pasta daripada Italia.

7. Lebih dari 50% barang palsu yang berada di masyarakat Eropa berasal dari Cina.
[lihat.co.id] - Sebanyak 54% barang yang melanggar hak cipta yang beredar di Eropa ternyata pemasok utamanya adalah Cina. CD/DVD merupakan peringkat pertama barang tiruan yakni sebanyak 79 juta keping, berarti 44% dari jumlah seluruh barang tiruan, diikuti oleh rokok (23%) dan pakaian serta pernak-pernik.

8. Cina masih belum bebas dari wabah penyakit abad pertengahan Eropa.
[lihat.co.id] - Di tahun 2009 Cina mengakhiri karantina sebuah kota di sebelah barat laut yang diserang wabah radang paru-paru (pneumonia). Meledaknya penyakit yang sangat menular itu menewaskan 3 penduduk desa di sekitar kota Ziketan di propinsi Qing-Hai. Wabah penyakit itu secara sporadis berjangkit di Cina, khususnya disebarkan oleh hewan pengerat dan kutu, serta mudah menular antar manusia.

9. Menjelang tahun 2025 Cina akan sudah membangun 10 kota metropolitan seukuran New York.
[lihat.co.id] - Skala dan langkah urbanisasi Cina akan terus berlanjut dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bila kecendrungan seperti sekarang tetap bertahan, penduduk perkotaan Cina akan membengkak dari 572 juta di tahun 2005 menjadi 926 juta di tahun 2025 dan bakal mencapai angka 1 miliar di tahun 2030. Jadi dalam jangka waktu 20 tahun penduduk kota-kota Cina akan bertambah sebanyak 350 juta lebih banyak dari seluruh penduduk AS hari ini.

Menjelang tahun 2025 Cina akan memiliki 219 kota yang berpenghuni diatas 1 juta. Juga akan dibangun 40 miliar m3 lantai ruang di 5 juta bangunan. 50.000 dari bangunan tersebut merupakan gedung pencakar langit – sama dengan 10 kota sebesar New York.
Berita Terbaru :
close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved