Home » » 10 Pemain Billiard yang Paling Hebat di Dunia

10 Pemain Billiard yang Paling Hebat di Dunia

1. Earl “The Pearl” Strickland
Nama : Earl Strickland
Julukan : The PearlEarl Strickland adalah pemain billiard profesional dari Amerika, lahir pada tanggal 8 Juni 1961. Ia dianggap sebagai pemain billiard terbaik sepanjang masa karena prestasi juaranya yang luar biasa dan juga karena perilakunya yang nyentrik, temprament dan penuh kontroversi.

Ia adalah juara dunia 3 kali 9 Ball World Pool Championship pada tahun 1990, 1991 dan 2002 dan menjadikannya satu2nya pemain yang hingga kini pernah jadi juara dunia berturut2. Ini video waktu Earl Strickland jadi juara dunia untuk yang ke 3 kalinya pada tahun 2002 melawan Francesco Bustamante

2. Efren “The Magician” Reyes
Nama : Efren Reyes
Julukan : The Magician (julukannya secara global), Bata (julukannya di Filipina yang berarti “Kid” dalam bahasa Tagalog) ini bukan Bata musuhnya cendol loh yah

Efren Reyes adalah pemain Billiard Profesional dari Filipina, lahir pada tanggal 26 Agustus 1954. Efren Reyes juga dianggap sebagai pemain Billiard terbaik sepanjang masa karena prestasinya yang luar biasa terutama di kancah Asia, dan juga karena pukulan2nya yang spektakuler yang sering sekali membuat para penonton, pengamat Billiard, komentator, bahkan pemain2 Billiard2 lain berdecak kagum melihatnya. Oleh karena itu julukan The Magician yang berarti sang penyihir sangat cocok disandangnya.

Ia hanya pernah sekali menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship, yaitu pada tahun 1999 dimana saat itu Inggris adalah tuan rumahnya. Yup di kancah kejuaraan dunia 9 Ball, prestasi Efren Reyes memang masi kalah dengan Earl Strickland yang sudah juara dunia 3 kali, namun Efren Reyes pernah mendominasi seluruh kejuaraan2 di Asia.
Prestasinya di kancah Asia mah udah gak ke itung.
Final World Pool Championship tahun 1999 antara Efren Reyes VS Chang Hao Ping (kualitas videonya masih jelek, maklumlah masi tahun 1999) 
3. Francesco “Django” Bustamante
Nama : Francesco Bustamante
Julukan : The Django (diambil dari film Django)
Francesco Bustamante adalah pemain Billiard profesional yang juga dari Filipina, lahir pada tanggal 29 Desember 1963. Francesco Bustamante pernah menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship pada tahun 2010 di Doha Qatar. Francesco Bustamante dan Efren Reyes dijuluki Duo maut dari Filipinna, Pada tahun 2009 mereka berdua menjadi juara dunia pada kejuaraan 9 Ball Tag Team World Championship.

Pada tahun 2002 Bustamante menjadi Runner Up di kejuaraan dunia 9 Ball World Pool Championship. Kejuaraan dunia pada tahun 2002 ini mungkin adalah tahun yang buruk bagi Bustamante, pasalnya di saat kejuaraan masih berlangsung tiba2 ia dikejutkan dengan berita duka dari sang istri yang memberitahu bahwa putrinya yang pada saat itu masih belum berumur 1 tahun meninggal dunia.

Bustamante sangat shock dengan berita itu dan hendak WO (Walk Out) dari kejuaraan dunia tersebut untuk kembali ke Filipina, namun kawan2nya berhasil membujuknya untuk tetap bertanding di kejuaraan dunia tersebut.

Dengan rasa sedih yang amat sangat dalam di hatinya, Francesco Bustamante terus bertanding mengalahkan lawan2nya dan berhasil melaju sampai ke Final. Di babak final ia harus melawan pemain Billiard tangguh dari Amerika Earl Strickland.

Sebenarnya pertandingan itu sudah hampir dapat dipastikan milik Bustamante, ia sudah hampir menjadi juara dunia. Namun seakan2 sudah tidak bisa menahan lagi rasa sedih di hatinya, di saat2 akhir Bustamante pun kehilangan konsentrasinya sehingga pertandingan menjadi terbalik milik Earl Strickland dan Earl Strickland pun menjadi juara dunia untuk yang ke 3 kalinya.

Selama pertandingan final ini pun Earl Strickland tumben2nya tidak melakukan hal2 yang mengundang kontroversi, entah karena ini adalah pertandingan final yang sangat penting baginya atau karena menghormati perasaan Bustamante yang sedang berduka.
Final 9 Ball World Pool Championship yang diselenggarakan di Qatar antara Francesco Bustamante VS Kuo Po Cheng (sayangnya gak ada video yang berkualitas bagus). Pukulan Kemenangan Bustamante adalah pukulan Break
4. Alex “The Lion” Pagulayan
Nama : Alejandro (Alex) Salvador Pagulayan
Julukan : The Lion, The Killer Pixie

Alex Pagulayan adalah pemain Billiard Profesional dengan 2 kewarganegaraan, yaitu Filipina dan Canada. Lahir pada tanggal 25 Juni 1978 di Cabagan, Isabela, Filipina dan dibesarkan di Toronto, Ontario, Canada. Pada tahun 2004 Alex kembali ke Filipina dan menjadi 2 warga negara, yaitu Canada dan FIlipina. Ia terkenal suka melakukan hal2 yang humoris kepada penonton bahkan di saat pertandingan sedang berlangsung sekalipun.

Alex Pagulayan pernah 1 kali menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship pada tahun 2004. Sebelumnya pada tahun 2003 pun ia melaju sampai ke babak final, namun berakhir sebagai Runner up.

5. Thorsten “The Hitman” Hohmann
Nama : Thorsten Hohmann
Julukan : The Hitman

Thorsten Hohman adalah Pemain Billiard Profesional dari Jerman, lahir pada tanggal 14 July 1979 di Fulda, Jerman. Thorsten Hohmann terkenal dengan akurasi pukulannya yang sangat baik. Pernah 1 kali menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship pada tahun 2003 dengan mengalahkan Alex Pagulayan dan menjadi orang Jerman ke 3 yang pernah menjuarai 9 Ball World Pool Championship setelah Oliver “The Machine” Ortmann (1995), dan Ralf “The Kaiser” Souquet(1996).
6. Tony “The Tornado” Drago
Nama : Tony “The Tornado” Drago
Julukan : The Tornado, The Maltese Falcon, The Boss
Tony Drago adalah Pemain Billiard Profesional dari Malta, ia terkenal dengan tempo permainannya yang sangat cepat, gak pake mikir pokoknya jedar jeder jedar jeder tau2 bola abis karena itulah ia mendapatkan julukan “The Tornado”

Namun ia belum pernah sekalipun menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship, kejuaraan paling bergengsi di dunia Billiard.

7. Chao Fong Pang “The Cold Face Killer”
Nama : Chao Fong Pang
Julukan : The Cold Face Killer
Chao Fong Pang adalah pemain Billiard Profesional dari Taiwan (Chinese Taipei). Ia pernah 2 kali menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship, yaitu pada tahun 1993 dengan mengalahkan Thomas Hasch dari Jerman sekaligus menjadikannya pemain Asia pertama yang berhasil menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship dan pada tahun 2000 dengan mengalahkan pemain Billiard andalan Mexico Ismael Paez dengan skor 17-6 yang sekaligus mencatat rekor sejarah dengan selisih skor terjauh.
Sayang sekali gak ada videonya

8. Wu Chia Ching “Taishan Shentong”
Nama : Wu Chia Ching
Julukan : Taishan Shentong (Little Genius From Taishan)

Wu Chia Ching adalah pemain Billiard Profesional dari Taiwan, lahir pada tanggal 9 Februari 1989 di Taiwan. Ia pernah 1 kali menjadi juara dunia 9 ball World Pool Championship pada tahun 2005 sekaligus mencatat rekor sebagai juara dunia termuda, dimana saat itu ia baru berumur 16 tahun 5 bulan.Berikut adalah video final 9 Ball World Pool Championship 2005 antara Wu Chia Ching VS Kuo Po Cheng 
9. Mika “The Iceman” Immonen
Nama : Mika Immonen
Julukan : The Iceman
Mika Immonen adalah pemain Billiard Profesional dari Finlandia, lahir pada tanggal 17 Desember 1972. Ia pernah 1 kali menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship pada tahun 2001. Tahun yang sama di saat ia menjadi Runner up di kejuaraan US Open (Amerika Terbuka).

10.Ronnie “The Volcano” Alcano
Nama : Ronato (Ronnie) Alcano
Julukan : The Volcano, Calamba
Ronnie Alcano adalah pemain Billiard Profesional dari Filipina, lahir pada tanggal 27 July 1972. Pada tahun 2005 ia menjadi juara piala Asia, Asian 9 Ball Tour yang diselenggarakan di Manila, kemudian pada tahun 2006 ia menjadi juara dunia 9 Ball World Pool Championship.
Sumber
Berita Terbaru :
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved