Home » » 10 Negara yang Paling Berkumis di Dunia

10 Negara yang Paling Berkumis di Dunia

Ini tidak berhubungan dengan pilgub DKI Jakarta yang salah satu calonnya berkumis. Namun mengenai populasi pria berkumis yang terbanyak di dunia. Di mana saja sih?
10. Bulgaria
Negara ini dikenal sebagai bangsa berbulu. Warga Bulgaria cinta akan kumis lebih baik daripada cinta mereka pada musik, sepakbola dan voli. Bertahun-tahun di bawah Uni Soviet memberikan pengaruhnya pada perubahan di Bulgaria. Kini banyak terlihat pria berkumis seperti masa pemerintahan komunis di sana sebelum era 1990-an.

9. Hungaria
Negara ini menjadi negara di kawasan Eropa Timur kedua paling banyak pria berkumis. Gaya berkumis di negara ini, lazim disebut 'kumis Wild West', menjadi salah satu kategori dalam Kejuaraan Kumis dan Jenggot Dunia.

Memang kumis pada masa ini di negara berpopulasi 10 juta itu hanya menjadi pilihan gaya, namun popularitas kumis masih tenar.

8. Amerika Serikat (AS)
Diperkirakan oleh sejarawan kumis, sekitar 10 juta laki-laki di AS memelihara kumis. Laki-laki AS juga pernah mendominasi juara di 'Kejuaraan Kumis dan Jenggot Dunia'. Meski arah mode berubah menjadi semakin klimis, namun pria berkumis di AS semakin bertambah banyak.

7. Turki
Seiring perkembangan Turki yang semakin terintegrasi dengan perkembangan ekonomi Eropa, ada kekhawatiran pria-pria berkumis semakin hilang. Makin banyak pria mencukur kumisnya karena tuntutan penampilan profesional dan modern.

Namun kumis masih berperan dalam masyarakat Turki, sebagai simbol maskulinitas di negara berpenduduk 75 juta. Kumis, juga jenggot juga merupakan anjuran agama di negara yang 99 persen penduduknya adalah muslim Sunni.

6. Mesir
Dengan 83 juta penduduk, negara paling padat di Timur Tengah ini mayoritas juga beragama Islam. Jadi memelihara rambut wajah seperti jenggot dan kumis bukan hal yang asing. Beberapa politisi tenar di negara Cleopatra ini berperan besar untuk mempopulerkan kumis, sebut saja Pressiden Gamal Abdul Nasser dan Presiden Anwar Sadat.

5. Iran
Sebagai penduduk Muslim Syiah terbesar dengan populasi 70 juta orang dan budaya Persia memberikan pengaruh bahwa pria-pria di negara itu bangga akan kumisnya.

Para pemimpin di Iran, seperti Ayatollah Khamenei dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad wajahnya populer dengan berkumis. Ikon pesepakbola negara itu, Ali Daei, juga populer wajahnya dengan berkumis.

4. Jerman
Kumis dan Jerman. Orang pasti akan langsung ingat dengan pemimpin fasis NAZI Adolf Hitler yang kumisnya mirip Charlie Chaplin. Selain Hitler, ada pula mantan Kanselir Jerman Otto von Biscmark, filsuf Friedrich Nietzsche yang dengan tegas menyatakan bahwa berkumis salah satu komponen filsafat hingga Albert Einstein yang menjadikan kumis sumber idenya.

Anak-anak di Jerman sudah diajari menumbuhkan dan memelihara kumis sejak umur 7 tahun. Jerman juga memiliki banyak klub yang terafiliasi dengan Kejuaraan Kumis dan Jenggot Dunia dan selalu mendapat nomor dalam.

3. Pakistan
Pakistan merupakan negara berpenduduk Muslim kedua terbesar di dunia, sekitar 173 juta orang. Lagi-lagi karena pengaruh agama, pria berkumis plus berjenggot menjadi hal yang biasa.

Beberapa tokoh Pakistan seperti sastrawan Mohammed Iqbal, pemain kriket Javed Miandad, mantan Presiden Pervez Musharraf dan Presiden Asif Ali Zardari adalah beberapa yang berkumis. Pengaruh tokoh-tokoh ini masih kuat menyebarkan 'virus' berkumis di negara itu.

2. Meksiko
Salah satu stereotip pria Meksiko adalah kumis. Meksiko memiliki sejarah budaya yang panjang dengan kumis, sebagai lambang maskulinitas. Sebut saja tokoh revolusi Meksiko, Emiliano Zapata dan Pancho Villa.

Sebenarnya penduduk asli Meksiko tidak memiliki budaya memelihara kumis, namun sejak kedatangan bangsa Eropa, kumis menjadi berkembang karena menunjukkan status superior saat itu. Nah sejak itu pria di negara berpenduduk 103 juta ini rupanya lebih senang memelihara kumis.

1. India
Negeri berpenduduk kedua terbesar di dunia ini, sekitar 1,2 miliar, mayoritas penduduk prianya di bagian selatan, sekitar 80 persen berkumis. Kumis merupakan komponen penting dalam budaya India, sebagai lambang kejantanan.

Pria dari India juga pernah memegang rekor kumis terpanjang pada tahun 2004, 12,5 kaki alias 3,8 meter! Wow!
Berita Terbaru :

close
gxpoker
close
gxpoker
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved