Home » » 9 Gitaris Musisi yang Mati Tragis

9 Gitaris Musisi yang Mati Tragis

Sebanyak 40 musisi terkenal harus mati dg sia2 krn overdosis, 36 gitaris mati karena bunuh diri, 57 tewas karena kecelakaan dan 42 lainnya meninggal karena serangan penyakit. Sebagian besar dari mereka merupakan musisi berbakat yang menenteng alat musik berdawai (gitar atau bass) sebagai senjata favorit mereka utk unjuk kebolehan di atas panggung. Dan mereka meninggalkan dunia disaat kariernya sedang memuncak. Inilah kisah kematian para pangeran berdawai.

1.Kurt Cobain
Age of Death : 27 years old
Cause of Death : Suicide
Tidak disangka kalau I Hate Myself and I Wanna Die menjadi lagu yang benar2 ingin dilakukan oleh Kurt Cobain. Cobain benar2 membenci dirinya sendiri dan benar2 ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Cobain yg sejak kecil selalu mendapatkan suasana keterasingan (ortu cerai), tumbuh menjadi anak yg penuh depresi. Tapi dg begitu, lagu2 yg ditulisnya di Nirvana menjadi sangat dalam meski berlirik singkat. Lalu ia di atas panggung bergaya misterius tanpa senyum dan mengakhiri konser dg menghancurkan gitar Fender-nya.

Banyak yg menyebutkan kalau kepopulerannya membuat hidupnya semakin depersi. Ketergantungannya pada drugs semakin berat. Cobain menjalani rehabilitasi di beberapa panti. Dan tak jarang pula ia kedapatan kabur dr tempat rehab. Istrinya Courtney Love, sempat memergoki Cobain yg sedang OD. Pada tanggal 1 April 1994, Cobain kembali menghilang dr panti rehab dan diperkirakan ia kabur ke Seattle. Karena tanggal 8 April 1994, Cobain ditemukan sudah menjadi jenazah di atas garasi rumahnya di Lake Washington dengan luka tembak akibat bunuh diri. Hasil otopsi mengatakan ia tewas tiga hari sebelumnya.

2.Jon Nodtveidt
Age of Death : 31 years old
Cause of Death : Suicide

Jon Andreas Nodtveidt memang dilahirkan sebagai metalhead sejati. Ia adalah gitaris dan juga vokalis dari band death metal Swedia, Dissection. Perannya dalam scene metal juga sangat besar. Ia kadang terjun langsung menjadi jurnalis dalam event2 metal. Nodtveidt juga aktif dalam proyek2 band metal lain, mulai dari balck metal,sampai doom metal.


Menjadi “dewa” metal membuat kelakuan Nodtveidt ganjil. Kepercayaan2 yg bertautan pada dimensi lain terus menggerusnya. Puncaknya, ia ditemukan tewas pada tanggal 13 Agustus 2006 dengan menembakkan diri di apartemennya di Stockholm. Nodtveidt sangat terobsesi oleh Satanic Bible yang baru saja dibacanya dan kitab tersebut berada di sisi jasadnya.

3.Leslie Harvey
Age of Death : 27 years old
Cause of Death : Electricity Injured
Tidak banyak musisi yg mengalami kecelakaan bodoh saat berada di panggung. Leslie Harvey, gitaris Stone The Crows, menjadi salah satunya. Bahkan kecelakaan kesetrum-nya itu yg membuat namanya kini dikenal sebagai almarhum. Peristiwa tersebut ketika band ini menyapa publik dari atas panggung dengan permainan musik blues-nya di thn 1972. Mlm itu Harvey bnr2 tampil all-out dengn lengkingan gitarnya.

Begitu bersemangatnya, Harvey tidak memerhatikan kesalahan teknis (dugaan selama ini) pada jalur mikrofonnya. Saat tangannya berkeringat, saat itu pula aliran listrik langsung menyengat. Dalam hitungan detik, Harvey lgsg terbujur kaku di depan penggemarnya.

4.Tommy Bolin
Age of Death : 25 years old
Cause of Death : Coke Overdose
Hanya sepintas bergabung (1975-1976) dg Deep Purple menggantikan gitaris Ritchie Blackmore, namun kontribusi Bolin di band tsb sangat krusial. Di samping berhasil menggoyang Senayan Jakarta pada konser Deep Purple thn 1975, Tommy Bolin juga sukses “membubarkan” Deep Purple gara2 permainan gitarnya terus dikritik oleh penggemar fanatic Deep Purple pada album Come Taste the Band (1975).

Namun dg perubahan itu, Deep Purple juga mengeruk bnyk fans baru yg jumlahnya lebih bnyk.Seiring vakumnya Deep Purple stlh Come Taste the Band, bubuk heroin-pun mewarnai hari2 Bolin. Hingga tanggal 4 Desember 1976 dlm rangkaian tour Jeff Beck di Miami, Bolin yg berperan sebagai musisi pendukung sudah ditemukan tidak bernyawa.

5.Michelle Meldrum
Age of Death : 39 years old
Cause of Death : Brain Bleeding
Lahir di keluarga entertainment membuat wanita seksi ini sudah terbiasa hingar binger sejak kecil. Beldrum memainkan gitar ketika berumur 14 thn dan mulai mengulik lagu2 Scorpion dr album Virgin Killer. Setelah mahir, ia bergabung dg band trash metal bernama Wargod dan kemudian membentuk Phantom Blue.

Pada band yg kesemuanya beranggotakan wanita2 seksi, Beldrum menjadi lead guitarist. Di tengah kesuksesan hidupnya baik di karier bergitar maupun keluarganya, Beldrum mengalami serangan otak. Setelah dirawat akibat pendarahan selama 4 hari, ia meninggal pada 21 Mei 2008. Gitaris wanita plg berbakat itu meninggalkan scene metal yg telah membesarkan namanya.

6.Ty Longley
Age of Death : 32 years old
Cause of Death : Burned
Suatu kebanggan bagi Ty Longley bisa bergabung sebagai gitaris Great White, band senior yg telah terbentuk sejak 1980 awal di Chicago. Permainan Longley yg khas membawa perubahan baik bagi band yg pernah mendapatkan penghargaan sebagai band berpenampilan hard rock terbaik versi Grammy Award. Sygnya hal itu menimbulkan petaka bagi para penggemar dan si gitaris baru tersebut.

Saat Great White mengadakan konser di klub mlm The Station, AS pd akhir februari 2003, konser yg berawal ceria tiba2 berubah kacau. Baru saja Great White memainkan satu lagu, pyrotechnic (sejenis kembang api konser) menyala dan menyambar apa saja yg ada di dlm klub, termasuk Ty Longley. Kecelakaan konser tsb menewaskan 96 org termasuk Ty Longley yg tewas dlm keadaan gosong.

7.Buddy Holly
Age of Death : 23 years old
Cause of Death : Aeroplane Accident
Inilah sosok yg sangat berpengaruh dlm dunia rock and roll. Holly terlahir dg nama Charles Hardin Holley di Texas pd 7 September 1930.Holly telah dikenang sepanjang masa sebagai perintis rock and roll berselendang Fender Stratocaster. Holly mulai menggilai musik saat ia melihat penampilan Elvis Presley di awal thn 1955. Dan dlm hitungan bulan, ia sudah biasa bermusik brg Presley. Holly jg mulai memamerkan musik rock and roll yg pd saat itu begitu asing didengar. Ia seakan menjembatani perbedaan rasial yg mewarnai sejarah msuik rock and roll.

Puncak ketenaran Holly membuat ia bnyk melakukan perjalanan jauh utk live berpindah tempat. Setelah ia mengadakan pertunjukan besar di Iowa, Holly mencarter pesawat utk melakukan perjalanan. Pesawat yg baru bbrp menit lepas landas pd pukul 01:05 dinihari kandas di sebuah tanah luas berjarak 12km dr bandara. Kecelakaan tsb membuat Holly tewas mengenaskan. Holly dimakamkan dengan nisan bertuliskan nama Buddy Holley serta grafis gitar Fender Stratocaster.

8.Cliff Burton
Age of Death : 24 years old
Cause of Death : Car Accident
Tanggal 27 September 1986 menjadi hari terburuk dlm sejarah musik Metallica. Baru saja menggelar tour konser dlm rangka promosi album Master of Puppets di Stockholm Swedia, bus yg mereka tumpangi mengalami kecelakaan fatal.

Cliff Burton sang bassist yg sedang tertidur pulas terlempar dr bus melalui jendela bus dg kepala yg terluka parah dan meninggal seketika. Dlm usia yg terbilang muda, Cliff memberikan mahakarya di album tsb. Walopun dia terlahir sebagai org cuek dr kalangan hippies, namun dy sangat mahir utk berkreasi. Sejak bergabung dg Metallica,ia telah memberikan kontribusi yg sangat besar.

9.Brian Jones
Age of Death : 27 years old
Cause of Death : Sink
Setelah 40 tahun kematiannya, kasus Lewis Brian Hopkins Jones, gitaris band legendaries The Rolling Stones, mendapat fakta baru. Kepolisian Sussex akhir Agustus 2009 kembali membuka kasusnya lantaran harian The Mail mengungkapkan kalau Jones dibunuh oleh Frank Thorogood, orang yang mengurus rumah Jones.

Thorogood terlihat berada kolam renang utk melakukan sesuatu terhadap Jones. Berita selama ini memang menyebutkan kalau Jones tewas karena tenggelam di kolam renang akibat mabuk bersama pacarnya, Anna Wohlin, pada 3 Juli 1969. Teori ini mendukung atas riwayat asmatik Jones dan sebagai pengguna narkoba berat.
Berita Terbaru :
logo-bawah Copyright © 2014 lihatcoid, All Rights Reserved